Jack Ma Hampir Sekuat Negara China, Xi Jinping Murka

Jack Ma Hampir Sekuat Negara China, Xi Jinping Murka Foto: LinkedIn

Miliarder Jack Ma adalah sosok langka di China yakni seorang pengusaha karismatik yang secara bebas dan berani mengutarakan pikirannya dan melampaui batasan.

Sikap bebas roda itu membuat sang pendiri Alibaba) terkenal di dalam dan di luar negara asalnya. Namun tampaknya juga menempatkan kerajaan bisnisnya dan diri Ma sendiri dalam risiko yang sangat besar.

Dilansir dari CNN International di Jakarta, Jumat (8/1/21) permasalahan Jack Ma yang panjang ini bermula pada akhir Oktober saat Ma mengkritik regulator China pada konferensi di Shanghai. Saat itu, Ant Group, sedang mempersiapkan penawaran umum perdana terbesar di dunia. Ma menuduh pihak berwenang menghambat inovasi dan mengecam bank-bank negara itu karena memiliki mentalitas pegadaian.

Baca Juga: Terkuak Keberadaan Jack Ma yang Sebenarnya! Ternyata Dia...

Pembalasan Beijing berlangsung cepat. Dalam beberapa hari, regulator membatalkan IPO. Dalam beberapa minggu sejak itu, regulator memerintahkan Ant untuk merestrukturisasi sebagian besar perusahaannya. Mereka bahkan memperluas pengawasan mereka ke Alibaba, yang sekarang menjadi subjek investigasi antitrust dan tuduhan monopoli.

Sementara itu, Jack Ma sendiri belum terlihat di depan umum sejak dia memberikan pidatonya di Shanghai.

Seorang mantan guru bahasa Inggris yang hidup dengan serba sederhana kini menjadikan Ma dan perusahaannya, Alibaba sebagai kerajaan teknologi senilai USD500 miliar dan mengumpulkan kekayaan pribadi sekitar USD50 miliar, menurut Bloomberg Billionaires Index.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini