Hermanto Tanoko Ungkap Perjuangannya Besarkan Cat Avian hingga Miliki 15.000 Karyawan

Hermanto Tanoko Ungkap Perjuangannya Besarkan Cat Avian hingga Miliki 15.000 Karyawan Kredit Foto: Instagram

Hermanto Tanoko adalah putra bungsu pendiri PT Avia Avian. Dalam kanal YouTube Rico Huang, ia membagikan kisah hidupnya. Hermanto merupakan salah satu crazy rich Surabaya asal Malang yang merupakan pemilik Tancorp Abadi Nusantara yang memiliki 15.000 karyawan, 300 brand, 8 sub holding company, 77 company, 50 pabrik dan 130 channel distribusi.

Hermanto Tanoko adalah putra dari pendiri cat Avian, Soetikno Tanoko (Tan Tek Swie) yang awalnya membuka toko cat di Malang, Jawa Timur, pada tahun 1962. Toko kecil itu merupakan cikal bakal dari PT Avia Avian yang memproduksi cat Avian yang kini terkenal.

Baca Juga: Rico Huang Ungkap Penyebab Orang Miskin Susah Jadi Kaya Raya, Apa Tuh?

Sejak usia 5 tahun, dalam video bersama Rico Huang, Hermanto Tanoko mengaku sudah diajarkan untuk berbisnis dan berinvestasi. Setiap mendapatkan angpao dari perayaan Imlek, Hermanto akan diarahkan oleh orang tuanya untuk membelanjakan angpau yang ia dapat untuk membeli beberapa barang yang harganya akan naik, mulai dari terigu, biskuit, telur dan sebagainya. Sejak itulah, ia akrab dengan pertumbuhan harga dari berbagai barang.

Karena itu, saat ia menjual telur bebek yang keuntungannya 1 rupiah, Hermanto mengaku segan karena harus menjual 10 telur bebek untuk memakan 1 telur. Di usia sekecil itulah Hermanto sudah paham sulitnya mencari uang.

Sejak kecil, ia sudah diajarkan untuk berbisnis. Di usia 8-10 tahun, Hermanto bahkan sudah diajak ke toko cat yang dijalankan sang ayah. Saat Hermanto ke toko tersebut, ayahnya memberi tahu berapa keuntungan setiap cat yang dijual. Katanya, ada yang 10% hingga 20% karena agen tunggal beserta apa saja keunggulan produk tersebut. Sehingga, di usia sekecil itu, Hermanto sudah menawarkan kepada pembeli.

Hermanto sendiri mengakui bahwa ia memiliki darah bisnis dari orang tuanya, ditambah pula dengan pola didik orang tuanya yang mengajarkan sejak dini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini