Geliat Generasi Milenial di Sukabumi Tekuni Pertanian Melalui Program YESS

Geliat Generasi Milenial di Sukabumi Tekuni Pertanian Melalui Program YESS Foto: Dok. BPPSDMP

Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) yang diluncurkan Kementerian Pertanian mampu membuat generasi milenial di Sukabumi, Jawa Barat, kian menggeliat. Jumlah petani milenial pun semakin bertambah.

Menurut Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, lewat Program YESS Kementan terus mengajak generasi milenial untuk terjun ke sektor pertanian dan menjadi petani.

Baca Juga: Program YESS Bantu Fasilitasi Petani Muda di Kabupaten Malang 

Mentan yakin usaha pertanian sangat menjanjikan karena memiliki pasar yang pasti dan menjadi basis ekonomi nasional.

"Covid-19 sudah memberi pelajaran bahwa yang punya uang itu ya pertanian. Bertani di era digital saat ini tak lagi seperti dulu, Petani saat ini tidak lagi kotor, becek-becek, panas-panasan," tuturnya dalam keterangan pers, Jumat (8/1/2021).

Mentan menambahkan, teknologi membuat proses budidaya pertanian dapat dilakukan dengan mekanisasi. Bahkan minim tenaga karena adanya teknologi-teknologi robot yang bisa dipakai.

Ia pun mengaku tengah mempersiapkan strategi jitu untuk mendongkrak lahirnya para petani milenial. Mentan berharap di setiap provinsi harus terdapat sekolah pertanian yang terkoneksi dengan program-program pemerintah. 

"Dengan begitu, para lulusan sarjana nantinya tak hanya matang dalam teori, namun dalam praktik budidaya pertanian yang dijadikan sebagai bisnis," katanya.

Tak hanya itu, berbagai program regenerasi petani pun dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian (Kementan), salah satunya melalui Program YESS.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini