Bocoran Kapolri Baru Pilihan Jokowi: Sudah Direnungkan sejak Tito Jadi Mendagri

Bocoran Kapolri Baru Pilihan Jokowi: Sudah Direnungkan sejak Tito Jadi Mendagri Foto: Fajar Sulaiman

Ketua Umum Arus Bawah Jokowi, Michael Umbas, mengaku dari lima nama yang diusulkan oleh Kompolnas, semua telah memenuhi kriteria untuk jadi Kapolri secara teknis dan syarat administratif sudah melalui proses yang akuntabel sesuai ketentuan undang-undang.

Menurutnya, dari lima nama yang diterima Presiden Jokowi, hanya ada satu nama yang akan dikirim ke DPR untuk mengikuti fit and proper test.

Baca Juga: Bocoran dari Orang Dalam: Istana Belum Bahas-Bahas The Next Kapolri, Masih..

"Nama yang dikirim nanti adalah sosok yang sebetulnya sudah lama dipilih Jokowi. Jadi beliau sudah menimbang-nimbang nama Kapolri ini sejak Pak Tito diangkat Mendagri. Dengan kata lain, calon yang sekarang sudah sreg dan merebut impresi beliau," ujar Umbas di Jakarta, Sabtu (9/1/2021).

Sosok tersebut menurut Umbas memiliki kedekatan emosional dengan Presiden Jokowi, bertangan dingin, dan profesional dalam bekerja.

"Pak Jokowi kan selalu lihat rekam jejak. Beliau butuh figur yang memiliki kemampuan dan pengalaman serta teruji dalam menangani berbagai masalah. Lebih dari itu, tentu loyalitas yang tinggi. Sosok ini pernah mendapatkan tugas khusus beliau dan mampu memenuhi harapan," sambungnya.

Lalu siapa calon yang dimaksud? Umbas mengaku tidak memiliki kapasitas untuk menyebutkan.

"Kan proses normatif harus dihormati. Namun, sebagai pendukung pak Jokowi, kami tetap akan dukung penuh siapapun yang beliau pilih. Apalagi ada banyak tantangan dan pekerjaan rumah yang harus dituntaskan oleh Kapolri baru," tukasnya.

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini