Tim SAR Temukan Turbin Pesawat Sriwijaya Air SJ-182

Tim SAR Temukan Turbin Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 Foto: Sufri Yuliardi

Tim SAR gabungan dari TNI, Polri, Basarnas dan Kementerian Perhubungan menemukan salah satu turbin pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ-182. Mesin pesawat itu dibawa KRI Cucut dari lokasi pencarian, yakni bantara Pulau Lancang dan Pulau Laki, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Komandan KRI Cucut Mayor Laut Pelaut Orri Ronsumbre, pada Minggu tengah malam, 10 Januari 2020, mengatakan bahwa aparatnya membawa turbin yang ditemukan anggota penyelam TNI AL yang kemudian diangkat ke KRI Rigel. Dari KRI Rigel lantas diserahkan ke KRI Cucut.

Turbin ditemukan setelah KRI Rigel mencari menggunakan sonar tiga dimensi. Setelah diketahui lokasi bagian pesawat, tim SAR menurunkan tim penyelam untuk pencarian.

Sesaat setelah pesawat Sriwijaya Air rute Jakarta Pontianak itu hilang kontak, Maskapai dibantu tim gabungan membentuk posko, antara lain di Bandara Soekarno-Hatta untuk kerabat korban, di Jakarta International Container Terminal II untuk tempat transit segala yang ditemukan di lokasi jatuhnya pesawat, dan di RS Polri untuk mengidentifikasi jenazah yang ditemukan.

Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak dilaporkan hilang kontak pada pukul 14.40 WIB, Sabtu, 9 Januari 2021. Pesawat yang bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta itu mengangkut sebanyak 56 penumpang, yang terdiri dari 46 penumpang dewasa, tujuh penumpang anak-anak, dan tiga orang bayi.

Hingga Minggu ini, tim SAR gabungan masih terus melakukan pencarian di last know position dari pesawat Sriwijaya Air SJ 182, yang diduga berada di sekitar kawasan Kepulauan Seribu.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini