Disebut Meninggal di Rutan, Polisi: Rizieq Shihab Sehat!

Disebut Meninggal di Rutan, Polisi: Rizieq Shihab Sehat! Foto: Antara/Fauzan

Kabar yang menyebutkan Habib Rizieq Shihab (HRS) menghembuskan napas terakhir di dalam sel akibat Covid-19 beredar di jejaring media sosial Facebook.

Diketahui, sejak 13 Desember 2020, Habib Rizieq menjalani penahanan di rumah tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya atas kasus kerumunan yang menyebabkan pelanggaran protokol kesehatan dan penghasutan.

Baca Juga: Nah, Lho! Rizieq Shihab, Menantu, dan Dirut RS Ummi Terancam 10 Tahun Bui

Berikut narasi tentang kematian Rizieq yang tersebar melalui Facebook:

"Inalilahi wainailaihi rojiun, Telah meninggal..HRS..Di dalam sel karna kena covid..."

Penjelasan: Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menyebutkan bahwa kondisi kesehatan Rizieq tidak bermasalah, sebagaimana dilaporkan ANTARA pada 8 Januari 2021.

"Sehat, tidak ada masalah," kata Yusri.

Kepolisian, lanjut Yusri, setiap hari melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap Rizieq. Bahkan, saat pemeriksaan, dokter pribadi Rizieq dari Medical Emergency Rescue Committee (MERC) turut mendampingi.

"Kondisi sekarang bagus, tadi baru dicek lagi. SOP untuk kesehatan dia itu kami lakukan betul, pengecekan didampingi oleh MERC," kata Yusri pada Jumat (8/1/2021).

Hingga Minggu (10/1), ANTARA juga tidak menemukan informasi dari pihak resmi yang menyebutkan HRS meninggal karena Covid-19. Dengan demikian, narasi soal kematian HRS itu dipastikan sebagai informasi yang direkayasa atau hoaks.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini