Biar Gak Tekor Terus, Asuransi Jangka Panjang Layak Jadi Prioritas di 2021

Biar Gak Tekor Terus, Asuransi Jangka Panjang Layak Jadi Prioritas di 2021 Foto: Sufri Yuliardi

Tahun 2020 telah menjadi tahun yang penuh tantangan dan menciptakan ketidakpastian finansial bagi banyak orang. Lalu bagaimana dengan tahun ini? Memandang tahun 2021, kita harus memulai tahun baru dengan optimisme dengan mengambil pendekatan proaktif untuk menghadapi ketidakpastian tersebut.

Menurut PT Chubb Life Insurance Indonesia (Chubb Life Indonesia), salah satu langkah utama guna mencapai ketahanan finansial yang dapat diambil menuju 2021 adalah dengan melakukan perencanaan jangka panjang.

Presiden Direktur Chubb Life Indonesia, Kumaran Chinan mengatakan, kita harus siap untuk skenario apapun yang menanti kita. Strategi terbaik untuk meningkatkan ketahanan terhadap risiko yang tidak terduga adalah dengan membekali diri kita dengan perencanaan keuangan, seperti asuransi jiwa dan dana darurat, yang memberikan manfaat jangka panjang dan jaminan finansial.

"Di Chubb Life, kami telah merancang berbagai solusi keuangan yang membantu banyak orang menjalani hidup mereka dengan percaya diri. Solusi yang kami hadirkan yaitu berupa asuransi perlindungan jiwa, mulai dari asuransi unit-link, asuransi jiwa berjangka, hingga asuransi kesehatan yang khusus dirancang untuk menyesuaikan dan memenuhi berbagai kebutuhan unik nasabah kami," ujar Kumaran di Jakarta, Senin (11/1/2021).

Baca Juga: Gadget Kini Kebutuhan, Chubb Gaet Selular Shop Hadirkan Gadget Insurance

Menurutnya, memiliki asuransi jiwa yang sesuai sangat penting terutama bagi mereka yang memiliki keluarga atau tanggungan, dan juga mengingat adanya kesenjangan antara biaya kesehatan dengan pendapatan rata-rata masyarakat Indonesia.

Sebuah survei dari Willis Towers Watson melaporkan adanya kenaikan biaya kesehatan tahunan sebesar 10-11% antara tahun 2017-2019 di Indonesia namun sebaliknya, Badan Pusat Statistik mencatat pada Agustus 2020 rata-rata pendapatan tenaga kerja turun 5,18% dibanding periode yang sama tahun lalu akibat pandemi.

Kumaran menjelaskan bahwa tidak ada kata terlalu dini untuk mulai memiliki asuransi jangka panjang. Dengan memiliki asuransi lebih awal, orang dapat memperoleh 'penawaran yang lebih baik' untuk asuransi, sehingga mereka juga dapat mengakses perawatan kesehatan yang terjangkau dan menghindari beban keuangan di masa depan.

“Kita harus mampu mengubah tantangan di tahun 2020 menjadi pelajaran yang akan membantu kita bangkit lebih kuat di tahun 2021. Kami mendorong semua orang untuk selalu mempertimbangkan potensi risiko, dan secara proaktif menyusun rancangan keuangan untuk mencapai ketahanan finansial,” tutup Kumaran.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini