Diajak China, Indonesia Dianggap Bisa Promosikan Vaksin di Negara Islam

Diajak China, Indonesia Dianggap Bisa Promosikan Vaksin di Negara Islam Kredit Foto: Reuters/Diego Vara

Pemerintah China mengajak pemerintah Indonesia untuk bersama-sama mendukung ketersediaan dan keterjangkauan vaksin Covid-19 di negara-negara berkembang dan negara-negara Islam.

Ajakan tersebut disampaikan Kantor Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) melalui pernyataan kepada Antara di Beijing, Senin (11/1/2021).

Baca Juga: Harapan Baru, China Sebut Ahli-ahli dari WHO Bakal Tiba Pekan Ini

Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah menerbitkan sertifikat halal pada vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan China, Sinovac.

"Berkat dukungan pemerintah China dan pemerintah Indonesia pula, Sinovac bersama mitranya di Indonesia berhasil melakukan kerja sama penelitian dan pengembangan, pengadaan, dan uji klinis tahap ketiga hingga akhirnya berhasil memperoleh sertifikat halal," kata MFA.

Vaksin yang dikembangkan oleh Sinovac telah tiba di Indonesia dalam dua tahap. Vaksin tersebut sudah bisa digunakan untuk keperluan darurat.

Sebelumnya, Komisi Fatwa MUI menyepakati bahwa vaksin Sinovac halal untuk digunakan.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini