Apa Itu Fiskal?

Apa Itu Fiskal? Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Fiskal adalah segala urusan yang berkenaan dengan pajak atau pendapatan negara. Fiskal digunakan untuk menjelaskan bentuk pendapatan negara yang dikumpulkan dari masyarakat untuk menjadi pendapatan negara. Pendapatan itu akan digunakan oleh pemerintahan untuk program-program guna mencapai pendapatan nasional, produksi, perekonomian, dan digunakan juga sebagai perangkat keseimbangan dalam perekonomian.

Kebijakan fiskal adalah cara pemerintah menyesuaikan tingkat pengeluaran dan tarif pajak untuk memantau dan mempengaruhi perekonomian suatu negara. 

Baca Juga: Apa Itu Firma?

Ini adalah strategi dari kebijakan moneter di mana bank sentral memengaruhi jumlah uang beredar suatu negara. Kedua kebijakan ini digunakan dalam berbagai kombinasi untuk mengarahkan tujuan ekonomi suatu negara.

Sebelum Depresi Hebat yang berlangsung dari 29 Oktober 1929 hingga awal masuknya Amerika ke dalam Perang Dunia II, pendekatan pemerintah terhadap perekonomian adalah laissez-faire. Setelah Perang Dunia II, ditentukan bahwa pemerintah harus mengambil peran proaktif dalam perekonomian untuk mengatur pengangguran, siklus bisnis, inflasi, dan biaya uang.

Dengan menggunakan campuran kebijakan moneter dan fiskal yang bergantung pada orientasi politik dan filosofi mereka yang berkuasa pada waktu tertentu, satu kebijakan dapat mendominasi kebijakan lainnya dan pemerintah dapat mengontrol fenomena ekonomi.

Secara garis besar, tujuan kebijakan fiskal adalah untuk memengaruhi jalannya perekonomian dengan berbagai sasaran, yaitu:

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini