Dari Mendarat Darurat hingga Dimodifikasi, Airbus A350 Punya Kanselir Jerman Sering Bermasalah

Dari Mendarat Darurat hingga Dimodifikasi, Airbus A350 Punya Kanselir Jerman Sering Bermasalah Foto: Unsplash/ Jp Valery

Pesawat Airbus tipe A350 yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan, melakukan penerbangan resmi perdana Minggu malam (10/1/2021) menuju Mesir, membawa Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas.

Pesawat kenegaraan Jerman yang baru itu diberi nama "Kurt Schumacher", tokoh politik Sosial Demokrat Jerman yang menjadi salah satu pendiri Republik Federal Jerman pasca Perang Dunia Kedua.

Baca Juga: Miris, Dunia Pernah Catat Sejumlah Insiden Buruk dari Boeing 737-500

Pesawat baru itu akan menggantikan pesawat-pesawat lama yang sering mogok, dan tahun lalu sudah melakukan berbagai penerbangan uji coba, kata juru bicara Angkatan Udara Jerman Thorsten Weber, termasuk penerbangan non-stop antar benua.

"Penerbangan non-stop ke Canberra. Jarak tempuh 17.000 kilometer. Penerbangannya 19 jam," katanya. Weber menambahkan: "Pesawat baru ini bisa terbang lebih tinggi dan lebih cepat daripada pesawat-pesawat kenegaraan sebelumnya. Jarak tempuhnya juga lebih jauh."

Pesan tiga pesawat kenegaraan baru

Pemerintah Jerman memesan tiga pesawat Airbus tipe A350-900 untuk mengganti pesawat kenegaraan lama. Satu pesawat sekarang sudah selesai, dua yang lain akan rampung tahun 2022. Pembaruan armada pesawat kenegaraan Jerman itu menelan biaya seluruhnya 1,2 miliar Euro.

Airbus A350-900 adalah opesawat berbadan besar dengan panjang 65 meter dan rentang sayap 63 meter. Pesawat itu punya kapasitas 140 penumpang, dengan tiga pilot dan 10 awak pesawat. Di dalam pesawat juga disiapkan ruang rapat besar dan satu ruang tunggu VIP.

Pesawat kenegaraan Jerman selama beberapa tahun terakhir sering mengalami kerusakan dan menjadi bahan lelucon di media. Menteri Luar Negeri Heiko Maas saja pernah mengalami mogok pesawat tiga kali dalam waktu tiga bulan sehingga terlambat menghadiri agenda yang sudah disiapkan.

Kanselir Merkel sempat mendarat darurat

Kanselir Jerman Angela Merkel tahun 2018 terlambat sehari datang ke KTT G20 di Buenos Aires, karena pesawat kenegaraan yang lepas landas dari Berlin mengalami gangguan teknis.

Satu jam setelah mengudara dari Berlin, pesawat itu harus mendarat darurat di bandara militer KÃln karena "gangguan teknis sistem komunikasi".

Merkel dan delegasi menteri kemudian terbang dengan pesawat sewaan kecil ke Spanyol dan melanjutkan penerbangan dengan pesawat komersil ke KTT G20 di Argentina.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini