Pimpinan Sekte Seks Divonis 1.075 Tahun Bui, Siapa Sebenarnya Harun Yahya?

Pimpinan Sekte Seks Divonis 1.075 Tahun Bui, Siapa Sebenarnya Harun Yahya? Foto: DHA Photo

Pengadilan Turki menjatuhkan vonis hukuman 1.075 tahun penjara terhadap Adnan Oktar alias Harun Yahya. Vonis itu karena Harun Yahya terbukti melakukan kejahatan seksual.

Vonis itu membuat nama Harun Yahya mencuat di jagat media sosial. Ia menjadi trending di Twitter pada Selasa (12/1/2021) pagi.

Baca Juga: Pentolan Sekte Apokaliptik yang Kerap Dihubungkan dengan Banyak Wanita Dihukum Penjara 1.000 Tahun

Dikutip dari The Guardian, Oktar pernah bikin heboh karena menuai kecaman publik Turki terutama tokoh agama lantaran memiliki program ceramah yang berbau porno di stasiun televisi miliknya, A9.

Sebab, program ceramah agama secara konyol itu dihadiri banyak wanita berpakaian seksi. Bahkan, sejumlah wanita itu disebut menjalani operasi plastik.

Oktar yang berusia 64 tahun itu ditangkap aparat di Istanbul pada 2018. Kepolisian Turki juga mencokoknya karena ada kejahatan keuangan yang dilakukan bersama organisasi sektenya.

Ia dicokok bersama lebih dari 200 tersangka lainnya yang tergabung dalam sekte seks pimpinan Oktar.

Selain kejahatan seksual, Oktar juga disebut melakukan penipuan serta percobaan spionase politik dan militer. 

Fakta lain terkait Oktar bahwa ia pernah diduga punya hubungan erat dengan tokoh yang jadi musuh pemerintah Turki, Fethullah Gulen. Figur Gulen yang bermukim di AS itu pernah dituduh otoritas Turki melakukan upaya kudeta pada 2016.

Namun, Oktar pernah menyampaikan bantahan soal hubungan keterlibatannya dengan Gulen.

Selama persidangan sebelum vonis, hakim di pengadilan sudah mendengar rincian dakwaan kejahatan seks yang dilakukan Oktar dan sektenya. Bahkan, ada pengakuan Oktar dalam suatu persidangan pada Desember 2020.

Dalam pengakuan itu, ia bilang memiliki hampir 1.000 pacar. Pengakuan yang bikin heboh lainnya, pria berjanggut itu mengaku luar biasa kuat dalam menghadapi wanita.

"Ada luapan cinta di hati saya untuk wanita. Cinta adalah kualitas manusia. Itu adalah kualitas seorang muslim," kata Oktar dalam suatu persidangan pada Oktober 2020.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini