Ilmu Sakti PHE WMO, Lahan Tandus Hasilkan Keuntungan, Oh Begini Jurusnya..

Ilmu Sakti PHE WMO, Lahan Tandus Hasilkan Keuntungan, Oh Begini Jurusnya.. Foto: Dok. PHE WMO

Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO) terus mengembangkan potensi alam untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang berada diarea kerja PHE WMO dikabupaten Bangkalan dengan menggarap lahan tidur serta lahan tandus untuk dijadikan lahan subur dengan bercocok tanam holtikultura.

Dalam program pertanian ini, perusahaan dibawah naungan SKK Migas ini menggandeng pendamping program pertanian. Adapun daerah yang dibidik oleh PHE WMO yakni, Desa Bandang Dajah, Kabupaten Bangkalan, Jatim. Baca Juga: Sucofindo Cabang Jambi Raih Apresiasi pada 5th Apresiasi Program CSR Kota Jambi

Pendamping program pertanian, Nurudin mengukapkan, target awal adalah memanfaatkan lahan tidur dengan melakukan intensifikasi pertanian biaya murah. Tingginya biaya pertanian dikarenakan umumnya menggunakan pola pertanian dengan obat-obatan.

“Keuntungannya kecil. Mereka memilih merantau atau sebagai kuli bangunan. Pulang bangun rumah, lahan di sini ditanami rumput untuk pakan ternak. Kami pangkas Sebagian besar biaya hingga 90,99 persen, tanpa obat obatan. Sehingga cost-nya turun banyak," kata Nurudin di Bangkalan, Selasa (12/1/2021). Baca Juga: Begini Konsep Pertamina Produksi Bensin Sawit

Lebih lanjut Nurudin mengatakan, dari hasil assesment PHE WMO, eksplorasi terkait pertanian dilakukan guna menemukan formula yang tepat. 

"Bagaimana pertanian bisa menghidupi masyarakat di sini. Kami kenalkan teknologi tepat guna, murah, dan bisa mudah dicontoh masyarakat," sambung Nurudin.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini