Hari ini Jokowi Divaksin dan Disiarkan secara Langsung

Hari ini Jokowi Divaksin dan Disiarkan secara Langsung Foto: Sufri Yuliardi

Istana Kepresidenan memastikan kondisi Presiden Joko Widodo sehat sebelum disuntik vaksin COVID- 19. Jokowi dijadwalkan divaksin atau imunisasi di Istana Negara Jakarta dan disiarkan langsung secara virtual pada Rabu, 13 Januari 2021.

"Semua yang divaksin cukup tidur, dan disarankan sarapan lebih dahulu," kata Kepala Sekretariat PresidenHeru Budi Hartono ketika dikonfirmasi pada Selasa.

Heru juga mengatakan, orang yang akan menyuntik Kepala Negara adalah dokter kepresidenan. Tepat Jam 10.00 Waktu Indonesia Barat, Jokowi disuntikkan antibodi virus corona itu.

Izin penggunaan darurat vaksin COVID-19 buatan perusahaan biofarmasi asal China, Sinovac, telah diterbitkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada 11 Januari 2021. Maka vaksin sudah boleh untuk digunakan.

Menurut Kepala BPOM Penny Kusumastuti Lukito, dan konferensi pers secara virtual, data imunogenisitas dalam vaksin itu berhasil dengan baik, sehingga vaksin dinilai tergolong aman. Efikasi vaksin di Indonesia sebesar 65,23 persen.

Izin keamanan vaksin ini juga diberikan oleh Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia. Majelis pun telah menyatakan vaksin dari Tiongkok ini halal, yang berarti tidak mengandung zat-zat yang terkategori najis atau haram.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini