Hai KPK, Jangan Lemah Bongkar Korupsi Kaum Elite Politik!

Hai KPK, Jangan Lemah Bongkar  Korupsi Kaum Elite Politik! Foto: Antara/Muhammad Adimaja

Pengungkapan kasus korupsi tak lepas dari tiga aspek, yakni politik, hukum dan sosial.

"Memang indikasinya ada yang murni hukum. Tapi ada penangkapan dalam motif politik. Ada juga sosial, yaitu keterlibatan publik yang sudah tidak tahan lagi dengan perilaku elite," ujar Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie.

Jerry juga menyinggung kasus dugaan korupsi bantuan sosial (bansos) yang menjerat mantan Menteri Sosial Juliari P Batubara dan dugaan korupsi ekspor benih lobster yang menjerat eks Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

Baca Juga: Cawe-Cawe Soal Kapolri Baru, Dewas KPK Colek MUI

Jerry meminta KPK bekerja profesional dan tidak ada tebang pilih dalam pengungkapan kasus korupsi itu.

"Artinya, semua kementerian atau lembaga dipantau. Jangan ada semacam pilih?pilih kasus atau orang atau tokoh atau parpol tertentu saja. Intinya, KPK harus independen," harapnya.

Diketahui, Juliari Batubara merupakan kader PDIP. Sementara, Edhy Prabowo adalah politisi Partai Gerindra.

Sementara, pengamat politik Universitas Mercu Buana Syaifuddin mengatakan, mencuatnya kasus Juliari dan Edhy telah menghantam partai politik yang menaungi keduanya.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini