Waspada! Jangan Sebar Link WhatsApp Sembarangan, Nanti Masuk Google Loh

Waspada! Jangan Sebar Link WhatsApp Sembarangan, Nanti Masuk Google Loh Foto: GettyImage

Ahli keamanan siber, Rajshekhar Rajaharia membongkar kerentanan WhatsApp lewat akun Twitter-nya. Seperti apa bentuknya? Apa dampaknya terhadap keamanan privasi pengguna.

Kerentanan itu berbentuk indeks di Google yang terjadi pada 2020. Saat itu, banyak pihak mengkritik Google dan WhatsApp karena sejumlah grup, obrolan, dan informasi anggotanya tampil di laman pencarian Google.

"Grup WhatsApp Anda mungkin tak seaman yang Anda pikirkan. Tautan 'Undangan Obrolan Grup WhatsApp', 'Profil Pengguna' kembali muncul di Google," tulisnya, sebagaimana informasi yang Warta Ekonomi kutip dari Twitter, Rabu (13/1/2021).

Baca Juga: Trump Tuding Raksasa Teknologi Amerika: Pemecah Belah Bangsa!

Rajaharia menambahkan, WhatsApp mengizinkan pengguna menyalin pratinjau tautan grup yang pada akhirnya memungkinkan mesin pencarian mengidentifikasinya.

Di sisi lain, WhatsApp mengaku telah menanganinya tahun lalu. "Sejak Maret 2020, WhatsApp telah menyertakan tag 'no index' di seluruh laman deep link, yang dapat mengecualikannya dari indeks Google. Kami telah meminta Google untuk tak mengindeks chat ini," ujar Juru Bicara WhatsApp, dilansir dari Gadgets.NDTV.

Perusahaan itu juga meminta pengguna tak menyebarkan tautan undangan grup yang bersifat privat di situs yang tersedia bagi publik. Karena, tautan undangan yang terbit di internet juga akan tersebar di ruang publik digital.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini