Tim Ahli WHO Mendarat di Wuhan Guna Selidiki Asal-usul Covid-19

Tim Ahli WHO Mendarat di Wuhan Guna Selidiki Asal-usul Covid-19 Kredit Foto: Antara/M. Irfan Ilmie

Tim Ahli Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO ) hari ini, Kamis (14/1/2021) tiba di Wuhan, China untuk memulai penyelidikan tentang asal-usul virus Corona baru yang menyebabkan COVID-19. Kedatangan Tim Ahli WHO ini bersamaan dengan saat China melaporkan kematian pertamanya akibat COVID-19 dalam delapan bulan terakhir.

Sepuluh ilmuwan itu terlebih dahulu harus menyelesaikan karantina selama dua minggu di Wuhan sebelum memulai pekerjaannya. Mereka tiba untuk misi yang tertunda yaitu memeriksa asal-usul pandemi.

Baca Juga: Soal Tim Investigasi, WHO Sentil China: Bukan Menyalahkan, tapi Penting Dimulai dari Wuhan

Virus ini pertama kali terdeteksi di kota Wuhan, China Tengah pada akhir 2019 dan sejak itu menyebar ke seluruh dunia menewaskan hampir dua juta orang sejauh ini dan menginfeksi puluhan juta orang serta menggerogoti ekonomi global.

Lembaga penyiaran pemerintah China, CGTN menunjukkan pesawat yang membawa tim tersebut tiba dari Singapura untuk disambut oleh pejabat China dengan setelan hazmat.

Peter Ben Embarek, Ketua Tim untuk misi tersebut mengatakan kelompok tersebut akan memulai dengan karantina wajib di sebuah hotel karena persyaratan imigrasi China.

"Dan kemudian setelah dua minggu, kami akan dapat berpindah-pindah dan bertemu dengan rekan-rekan China kami secara langsung dan pergi ke berbagai situs yang ingin kami kunjungi," tuturnya.

"(Ini) bisa menjadi perjalanan yang sangat panjang sebelum kita mendapatkan pemahaman penuh tentang apa yang terjadi," ia memperingatkan seperti dikutip dari Japan Times.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini