Uji Coba Motor Listrik Jadi Rencana Bisnis Gojek di 2021

Uji Coba Motor Listrik Jadi Rencana Bisnis Gojek di 2021 Kredit Foto: Tanayastri Dini Isna

Gojek tahun ini berencana melakukan uji coba kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV) sebagai bagian rencana perusahaan membangun citra ramah lingkungan.

Perusahaan menyebut bahwa uji coba ini bekerja sama dengan Pertamina untuk pilot commercial di daerah Jabodetabek.

Baca Juga: Bukan Main! Dampak Merger Gojek dan Tokopedia Gak Main-Main

"Untuk target, tahun ini targetnya untuk coba pilot commercial-nya. Nanti kami akan segera berikan update-nya," kata Chief Transport Officer Gojek Group Raditya Wibowo dalam konferensi pers virtual, Kamis (14/1/2021). Uji coba nantinya disebut Raditya akan dilakukan dengan sistem battery swap.

Raditya melanjutkan, perusahaan akan berfokus kepada produk kendaraan jenis roda dua. Hal ini menurutnya merupakan pertimbangan berdasarkan biaya dan kebutuhan energi listrik yang dibutuhkan EV untuk beroperasi nantinya.

"Fokusnya akan ke roda dua dulu. Untuk teknologi ini, menurut kami, roda dua itu lebih ringan biayanya dan kebutuhan energinya lebih masuk akal jika dibandingkan motor tradisional berbahan bakar bensin," lanjutnya.

Selain berharap bahwa dengan adanya EV dapat mengurangi polusi udara, EV juga diharapkan Raditya dapat menyumbang dalam pengurangan biaya operasional dari mitra pengemudi Gojek.

"Harapan kita, dengan adanya kendaraan listrik ini, operational cost untuk driver bisa berkurang. Harapannya, kalau ada solusi EV yang bersih dan murah, itu sangat menguntungkan buat driver dan kita semua," pungkas Raditya.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini