Proyeksi Penguatan Pasar Saham di 2021, Ini 3 Sektor yang Diprediksi Moncer

Proyeksi Penguatan Pasar Saham di 2021, Ini 3 Sektor yang Diprediksi Moncer Foto: Antara/Puspa Perwitasari

PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) menyampaikan proyeksinya bahwa tahun 2021 merupakan tahun pemulihan ekonomi dan perdagangan. Pemulihan ekonomi ini akan membuka peluang bagi penguatan di pasar saham. Perlu dicatat, satu hal yang menjadi kunci adalah penanganan pandemi dan vaksinasi.

Samuel Kesuma, Senior Portfolio Manager, Equity, mengatakan bahwa pasar saham Indonesia pada tahun 2020 masuk ke dalam kelompok tertinggal.

Baca Juga: Saham SOHO Melejit, Anak Pendiri Perusahaan Bisa Cuan Sampai Ratusan Miliar

"Pasar saham Indonesia menunjukkan kinerja -5,1% pada tahun 2020 sehingga Indonesia masuk ke dalam kelompok yang tertinggal. Dengan kenaikan tinggi yang mulai terjadi di dua pekan pertama tahun ini, memang valuasi pasar saham tidak semurah tahun lalu," terang Samuel dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (14/1/2021).

Namun, lanjutnya, secara relatif masih salah satu yang paling menarik bila dibandingkan dengan kawasan lain. Apalagi, kepemilikan asing di pasar saham Indonesia pun masih berada di salah satu level terendah sejak 2013.

Lebih lanjut Samuel menjelaskan bahwa pemulihan ekonomi global di tahun 2021, kondisi geopolitik yang lebih kondusif, dan USD yang relatif lemah akan menopang sentimen pasar saham negara berkembang, termasuk Indonesia. Pemulihan earnings juga akan berlangsung sejalan dengan pemulihan ekonomi.

Di tahun 2021, MAMI mengunggulkan tiga sektor, yaitu sektor material dan energi, sektor telekomunikasi, dan sektor finansial. Sementara, IHSG diperkirakan akan bergerak di kisaran 6.740–7.040.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini