Intip Kekuatan Kapal Militer Terbesar Iran IRIS Makran, Dunia Harus Waspada

Intip Kekuatan Kapal Militer Terbesar Iran IRIS Makran, Dunia Harus Waspada Foto: Iranian military

Angkatan laut Iran telah secara resmi memasukkan kapal militer terbesar negara itu, IRIS Makran, ke dalam armadanya. Momen ini terlihat selama latihan rudal maritim di Teluk Oman, Rabu (13/1/2021).

Menurut Aljazirah, kapal pangkalan buatan dalam negeri ini dikatakan mampu membawa hingga lima helikopter. Kapal perang ini memiliki panjang 228 meter , lebar 42 meter, dan tinggi 21,5 meter.

Baca Juga: Kapalnya Ditahan Iran, Respons Cepat Korsel Benar-benar Tak Bisa Ditebak karena...

Makran digunakan untuk mendukung kapal tempur di armada. Kapal ini dapat melakukan perjalanan selama hampir tiga tahun tanpa merapat dan membawa peralatan pengumpulan dan pemrosesan informasi.

Sebelum menjadi kapal perang, armada ini merupakan kapal tanker minyak. Kemudian, Iran kembali menggunakannya untuk memberikan dukungan logistik, melakukan misi pencarian dan penyelamatan, mengerahkan pasukan khusus.

Selain itu, kapal ini pun berfungsi mengisi dan mengangkut persediaan, menawarkan bantuan medis, dan bertindak sebagai pangkalan untuk kapal cepat.

Kapal logistik dengan landasan helikopter ini diberi nama dari wilayah pesisir di Iran selatan. Makran adalah sebuah desa di Distrik Pedesaan Gahrbaran-e Jonubi, Distrik Gahrbaran, Kabupaten Miandorud, Provinsi Mazandaran, dengan populasinya adalah 1.601, di 448 keluarga, pada 2006 lalu.

Dalam penampilan pertama sebagai armada yang memperkuat militer Iran, Makran ditampilkan dalam rekaman video yang dirilis oleh militer. Dalam gambar itu menunjukkan helikopter yang membawa pasukan komando ke Makran sebagai bagian dari latihan di Teluk Oman.

Seperti dikutip dari NavalNews, menurut pengamatan, Makran dibangun di Shahid Darvishi dekat Bandar Abbas. Dalam proses perakitannya, armada ini juga terlihat bersama kapal selam Fateh Class dan fregat kelas Mowj.

Pembuatan kapal ini menjadi usaha terbaru Iran karena memiliki dua lambung yang berdampingan. Dalam pantauan awal, proporsinya menunjukkan bahwa itu mungkin Kapal Efek Permukaan (SES).

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini