Kisah Orang Terkaya: James Ratcliffe, Miliarder Petrokimia dari Inggris

Kisah Orang Terkaya: James Ratcliffe, Miliarder Petrokimia dari Inggris Foto: REUTERS/Toby Melville

Salah satu orang terkaya di Inggris, James Ratcliffe adalah ketua dan CEO grup bahan kimia Ineos, yang ia dirikan pada tahun 1998. Sebagai sosok yang sederhana, Sunday Times melaporkan bahwa pria yang kerap disapa Jim Ratcliffe ini adalah sosok pemalu.

James Ratcliffe lahir di Manchester yang merupakan putra dari seorang ayah dan ibu pekerja kantoran. Semasa kecil, James tinggal di sebuah rumah dewan di Failsworth sampai usia sepuluh tahun. Ayahnya menjalankan pabrik pembuatan furnitur laboratorium.

Saat ia berusia sepuluh tahun, dia pindah bersama keluarganya ke Yorkshire, dan James bersekolah di Beverley Grammar School dan tinggal di Hull sampai usia 18 tahun. Hingga pada tahun 1974, James lulus dari University of Birmingham dengan gelar di bidang Teknik Kimia.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Pierre Omidyar, Pendiri Situs eBay yang Terkenal

Sebelum mendapatkan pengalaman bisnis, James bekerja di Esso, sebuah perusahaan raksasa minyak. Meski bekerja di tempat mentereng, James tetap belajar dengan memperluas keterampilannya ke bidang keuangan dengan mempelajari akuntansi manajemen dan mengambil gelar MBA di London Business School.

Kemudian, pada tahun 1989, ua bergabung dengan grup ekuitas swasta AS Advent International. Terobosan terbesar bagi James datang pada tahun 1998 ketika ia mendirikan Ineos, sebuah perusahaan petrokimia yang sekarang memiliki omset sebesar £ 48 miliar dan berlokasi di 26 negara.

Berkat perusahaan petrokimia itu, James telah memiliki dua kapal pesiar super, Hampshire dan Hampshire II. Yacht pertamanya dibangun sebagai Barbara Jean oleh Feadship. Pada tahun 2012, ia menerima pengiriman Feadship Hampshire II sepanjang 78 meter yang dibangun oleh Royal Van Lent. Forbes juga mencatat harta kekayaan James mencapai USD18,6 miliar atau setara dengan Rp261 triliun. (kurs Rp14.042)

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini