Daebak! Meski Pandemi, Malaysia Cetak Miliarder Baru dari Kendaraan Listrik!

Daebak! Meski Pandemi, Malaysia Cetak Miliarder Baru dari Kendaraan Listrik! Kredit Foto: Twitter/Forbes

Melonjaknya permintaan kendaraan listrik dan energi surya terbukti menjadi keuntungan ganda bagi pengusaha Malaysia, Tan Eng Kee. Ialah salah satu pendiri dan CEO Greatech Technology yang berbasis di Penang, Malaysia.

Perusahaannya membuat peralatan otomasi industri untuk berbagai produsen berbeda. Tahun lalu saja, sahamnya melonjak 330% mendorong Tan ke dalam klub miliarder dengan kekayaan bersih lebih dari USD1 miliar atau setara dengan Rp14 triliun. (kurs Rp14.000)

"Energi terbarukan dan kendaraan listrik sedang panas sekarang," kata pria 50 tahun ini yang mendirikan Greatech Technology pada tahun 1997 dengan rekannya Khor Lean Heng, yang sekarang menjabat sebagai COO Greatech.

Baca Juga: Sempat Disanjung-sanjung WHO, Malaysia Akhirnya Kunci Rapat-rapat Negara Juga

Dilansir dari Forbes di Jakarta, Jumat (15/1/21) penjualan untuk sembilan bulan yang berakhir pada 30 September 2020 naik 17% menjadi 184,78 juta ringgit (USD44,44 juta), sementara laba bersih melonjak 64% menjadi 59,338 juta ringgit (USD14,27 juta).

Greatech membuat peralatan dan jalur produksi bagi sejumlah produsen, dari pembuat perangkat medis hingga produsen energi terbarukan hingga perusahaan semikonduktor. Perusahaan ini mendapatkan lebih dari 50% bisnisnya dari pasar internasional, terutama di Amerika.

Adapun daftar kliennya yaitu Lordstown Motors, produsen truk pick-up listrik di Ohio, dan First Solar yang bermarkas di Arizona, yang membuat sistem energi matahari.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini