Wilayah Ring Satu AS Dikunci dari Orang-orang Jelang Pelantikan Joe Biden

Wilayah Ring Satu AS Dikunci dari Orang-orang Jelang Pelantikan Joe Biden Foto: Reuters/Lindsey Wasson

Demi keamanan jelang pelantikan Presiden-Wakil Presiden Amerika Serikat, Joe Biden-Kamala Harris, pada 20 Januari 2020, Washington di-lockdown. Sejumlah pengamanan dilakukan bagi mereka yang hendak masuk wilayah ring satu ini sejak Rabu (13/1/2021).

Maskapai penerbangan Delta Airlines misalnya. Mereka melakukan pengecekan menyeluruh dan menolak membawa penumpang yang membawa senjata. Kebijakan ini diberlakukan hingga pelantikan Biden usai.

Baca Juga: Washington Masuki Status Darurat, Ternyata Ramalan FBI Benar Adanya?

"Ini untuk memastikan keamanan Washington jelang pelantikan," jelas Kepala Eksekutif Delta Airlines Ed Bastian, kepada Reuters, Jumat (15/1/2021).

Pengamanan ini untuk mencegah aksi anarkis seperti yang terjadi pekan lalu, saat massa pro Donald Trump merangsek masuk Capitol Hills.

Penutupan sejumlah tempat dilakukan. Seperti dilaporkan CNN, garis pagar tinggi yang mengelilingi Capitol Hills diperluas. Garis pembatas ini juga untuk menghalangi akses ke Mahkamah Agung AS dan Perpustakaan Kongres.

Beberapa ruas jalan terdekat juga ditutup. Beberapa pemilik usaha di ring 1 mengatakan, mereka juga diminta tutup pekan depan. Agen transportasi umum kota mengatakan, bakal menutup stasiun metro tertentu dan mengubah rute jalur bus dari 15 hingga 21 Januari.

Taman nasional, monument, dan museum nasional untuk sementara tidak menerima pengunjung. Layanan kereta api nasional Amtrak juga mengatakan akan menerapkan peningkatan keamanan, termasuk penempatan petugas polisi tambahan di kereta.

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini