Ceramah Syekh Ali Jaber Jauh dari Fitnah dan Provokasi: Kalimatnya Sejuk Sarat Kasih Sayang

Ceramah Syekh Ali Jaber Jauh dari Fitnah dan Provokasi: Kalimatnya Sejuk Sarat Kasih Sayang Kredit Foto: Viva

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi memberikan catatan kecil tentang sosok ulama Syekh Ali Jaber yang meninggal Kamis, 14 Januari 2021, di Rumah Sakit Yarsi, Cempaka Putih, Jakarta.

Ia menuturkan bahwa bangsa Indonesia kehilangan seorang tokoh ulama besar. Figur yang sepenuh hidupnya diabdikan untuk jalan dakwah, mengajak kebaikan dengan penuh hikmah, bahasa yang santun dan memberikan contoh keteladanan mulia.

"Syekh Ali Jaber dalam setiap ceramahnya selalu menggunakan kalimat yang sejuk, jauh dari agitasi, fitnah dan provokasi. Pesan-pesan agama yang disampaikan sarat dengan nilai kemanusiaan, kasih sayang dan persaudaraan," kata Zainut Tauhid Saadi di Jakarta, Jumat, 15 Januari 2021.

Baca Juga: Mahfud MD: Syekh Ali Jaber Kritik Pemerintah Tapi Beri Solusi

Hal tersebut, kata Zainut, menunjukkan bahwa Syekh Ali Jaber adalah seorang ulama yang tidak hanya memiliki pemahaman ajaran agama yang mendalam, tetapi juga seorang yang taat dalam beragama dan mengamalkan ilmu agamanya.

Menurutnya, Syeh Ali Jaber adalah seorang ulama yang hapal Alquran (hafiz) dan mencintai anak-anak yang ingin belajar dan menghafal Alquran. Dari bimbingan beliau banyak lahir para hafiz dan hafizah yang andal.

Dengan akhlak mulianya itu, kata Zainut, Syekh Ali tidak sungkan untuk mencium tangan dan kepala serta memeluk seorang anak kecil penghafal Alquran. Tidak hanya itu, Zainut juga menilai, Syekh Ali sebagai sosok dermawan. Tak jarang Syekh Ali memberikan hadiah, baik dalam bentuk beasiswa ataupun ibadah umrah.

"Hal tersebut membuktikan beliau seorang yang sangat mencintai hal yang berhubungan dengan Alquran," ujar Zainut.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini