Usai Deklarasikan Bangun Militer Terkuat, Kim Jong-un Pamer Rudal Raksasa Terbaru

Usai Deklarasikan Bangun Militer Terkuat, Kim Jong-un Pamer Rudal Raksasa Terbaru Foto: Getty Images/AFP

Korea Utara memamerkan rudal balistik berbasis kapal selam baru, Kamis (14/1/2021). Pemerintah Korea Utara mengklaim rudal itu sebagai senjata paling mematikan di dunia.

Beberapa rudal baru itu ditampilkan pada parade militer yang disaksikan pemimpin Korut, Kim Jong-un. Informasi itu dipubikasikan Kantor Berita Sentral Korea (KNCA) yang dikelola pemerintah Korut.

Baca Juga: Ambisi Nyata Kim Jong-un Bangun Militer Paling Kuat, Mau Lawan Siapa Sebenarnya?

Unjuk kekuatan angkatan bersenjata Korut tersebut digelar beberapa hari sebelum pelantikan Joe Biden menjadi Presiden Amerika Serikat pada 20 Januari mendatang.

Parade militer itu juga diselenggarakan setelah forum politik langka, di mana Kim menyebut AS sebagai musuh terbesar Korut.

Sejumlah foto yang dirilis KNCA menunjukkan setidaknya empat rudal besar berwarna hitam-putih. Rudal itu dibawa melewati kerumunan peserta parade yang melambai-lambaikan bendera.

Pemerhati Korut berkata, rudal itu sebelumnya belum pernah dipamerkan. "Tahun baru, Pukguksong baru," begitu cuitan pakar Korut, Ankit Panda, di akun Twitter-nya.

Pukguksong merupakan nama dalam bahasa Korea untuk rudal balistik Korut yang diluncurkan dari kapal selam (SLBM).

Dari parade itu muncul pula foto Kim Jong-un yang memakai mantel kulit dan mengenakan topi bulu. Dia terlihat tersenyum dan melambaikan tangan saat menyaksikan pertunjukan di Lapangan Kim Il Sung di Pyongyang.

Parade militer itu juga memamerkan kekuatan pasukan infanteri, artileri, dan sejumlah tank milik Korut.

"Diklaim sebagai senjata paling kuat di dunia"

"Senjata paling kuat di dunia, rudal balistik kapal selam, memasuki alun-alun satu demi satu, secara tegas menunjukkan kekuatan angkatan bersenjata revolusioner," begitu pernyataan KNCA.

Namun rudal balistik antarbenua terbesar Korut, ICBM, tidak dipamerkan dalam parade militer ini.

ICBM pertama kali dipertontonkan ke publik Oktober lalu, dalam parade militer yang lebih besar daripada pagelaran kali ini.

ICBM diyakini dapat mengirim hulu ledak nuklir ke setiap lokasi di AS. Ukurannya yang besar mengejutkan sejumlah pakar militer berpengalaman ketika pertama kali dipamerkan.

Pameran persenjataan Korut ini menandai akhir kongres lima tahunan Partai Buruh.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini