Muhammadiyah: Mangga Pak Presiden, Angkat Kapolri Terbaik

Muhammadiyah: Mangga Pak Presiden, Angkat Kapolri Terbaik Foto: Antara/Muhammad Adimaja

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah memberikan pandangannya terkait pemilihan kapolri pengganti Idham Azis. Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengatakan, undang-undang memberikan wewenang penuh kepada presiden untuk mengangkat kapolri.

Masyarakat tentu saja boleh berpendapat sesuai dengan apa yang diketahuinya. Tetapi sesuai UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian, pengangkatan dan pemberhentian kapolri sepenuhnya menjadi wewenang Presiden setelah mendapatkan persetujuan DPR.

Baca Juga: Muhammadiyah Soal Bebasnya Baasyir: Sudah Bukan Masanya Memimpin Gerakan

"Dalam alam demokrasi, masyarakat boleh saja mnyampaikan pendapat, meskipun itu sama sekali tidak mengikat," kata Mu'ti dalam cuitannya di akun Twitter @AbeMukti, dikutip Sabtu (16/1/2021).

Karena itu, kata Mu'ti, pihaknya mempersilakan Presiden untuk memilih Kapolri terbaik. "Mangga Pak Presiden, angkat Kapolri yang terbaik agar keamanan membaik," tuturnya.

Diketahui, Presiden telah menyerahkan nama Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri ke DPR. Nama Listyo Sigit diserahkan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno ke DPR pada Ketua DPR Puan Maharani, Rabu (13/1/2021) lalu.

Selanjutnya, Komisi III DPR akan melakukan uji kelayakan atau fit and proper calon Kapolri, kemudian dibawa ke rapat paripurna untuk mendapatkan persetujuan dewan.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini