Nyaris Rp6.000 Triliun, Utang RI Sudah Mengkhawatirkan!

Nyaris Rp6.000 Triliun, Utang RI Sudah Mengkhawatirkan! Foto: Sufri Yuliardi

Utang luar negeri (ULN) Indonesia pada akhir November 2020 mencapai USD416,6 Miliar atau setara Rp5.853 triliun (kurs Rp14.050 per USD). Hal ini disebabkan oleh peningkatan penarikan neto ULN Pemerintah.

Ekonom Indef Bhima Yudhistira menilai, besaran ULN Indonesia saat ini cukup mengkhawatirkan. Hal ini karena nantinya utang tersebut akan terus menumpuk beserta dengan bungannya.

"Sementara kondisi utang pemerintah sendiri cukup mengkhawatirkan karena pemerintah membayar USD1,1 miliar per November 2020 yang terdiri dari pokok utang dan bunga utang," kata Bhima dilansir dari Okezone.

Baca Juga: Pandemi Belum Berakhir, Utang Luar Negeri RI Berkembang Biak Lagi Tembus...

Dia cukup menyayangkan jumlah ULN yang terus membengkak itu, tidak diimbangi dengan penerimaan valuta asing (valas). Tercatat debt to service ratio atau DSR secara tahunan masih relatif tinggi yakni 47%.

Menurutnya, angka tersebut masih jauh berada di atas rata-rata normal DSR pada negara berkembang.

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini