'Calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo Ahli Bekerja dan Tak Suka Retorika'

'Calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo Ahli Bekerja dan Tak Suka Retorika' Foto: WE

Salah satu pengurus DPP Angkatan Muda Pembaruan Indonesia (AMPI), turut angkat bicara terkait keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon Kapolri tunggal.

Menurut Wasekjen AMPI, Supardiono, Komjen Listyo Sigit Prabowo adalah jenderal bintang tiga yang paling layak memimpin Polri. Menurutnya, meski melewati beberapa seniornya Sigit akan mampu memimpin Korps Bhayangkara.

"Karakternya yang tidak banyak bicara dan rutin silaturahim akan membuat sosoknya diterima oleh seluruh elemen Polri. Kalau kita lihat Mas Sigit memang ahli bekerja dan tidak suka beretorika. Potensi ada gesekan dengan elemen Polri baik senjor dan juniornya sangat kecil. Ini penting untuk kesolidan Polri," ucap pria yang akrab disapa Dion ini, Minggu (17/1/2021).

Baca Juga: Listyo Sigit Prabowo Jabat Kapolri: Cermin Simbol Kebhinnekaan

Dalam pengamatan Dion, penunjukan Listyo Sigit sebagai calon Kapolri adalah bukti bahwa Presiden Jokowi sangat cermat dalam menentukan siapa sosok yang paling layak menjawab berbagai tantangan Korps Bhayangkara.

Kata Dion, kiprah Sigit hingga menduduki Kabareskrim, tentu menjadi dasar kuat presiden memberi beban untuk menjalankan tugas penegakan hukum dengan menjadi orang nomor satu di Polri.

"Kalau saya tidak kaget, Presiden Jokowi dalam beberapa kali momentum menunjuk pucuk pimpinan TNI dan Polri selalu penuh dengan kejutan. Argumentasi dalam menentukan siapa yang layak nampak sangat substantif dan dasar rekam jejaknya bukan main-main," tandas Dion.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini