Tips Pitching Startup: 3 Hal Ini Bisa Buat Investor Lirik Bisnismu

Tips Pitching Startup: 3 Hal Ini Bisa Buat Investor Lirik Bisnismu Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel

Pandemi COVID-19 mendisrupsi segala sektor bisnis; termasuk investasi perusahaan rintisan (startup). Putaran pendanaan virtual (virtual fundraising) jadi salah satu normal baru di kalangan investor startup.

Nah, para pakar industri membahas tips virtual fundraising bagi para startup. Yang terpenting, ada sejumlah hal penting yang jadi pertimbangan investor sebelum menyuntikkan dana. Apa itu?

"Yang menjadi pertimbangan sebelum melakukan pendanaan virtual, yakni: keberlanjutan dan skalabilitas startup," kata Director Hong Kong Business Angel Network, Mingles Tsoi dalam gelaran Asian Financial Forum, Senin (18/1/2021).

Baca Juga: Senjata Makan Tuan, Sanksi Trump ke China Rugikan Amerika

Baca Juga: Mengapa WhatsApp Tunda Kebijakan Baru? Ternyata Karena ....

Menurut Mingles, startup perlu memikirkan cara memperluas skala bisnis di tengah pandemi atau keadaan krisis serupa; begitu juga dengan keberlanjutan dan indikator kinerja utama (key performance indicator/KPI).

Ia menambahkan, "Anda tak bisa hanya mengandalkan perilaku konsumen saat berbisnis."

Managing Director Distric Capital, Michael Au pun sependapat dengan Michael. Baginya, cara startup mempertahankan bisnis juga penting.

"Saya setuju dengan Mingles, selain keberlanjutan, kemampuan skalabilitas juga penting. Faktor lainnya, seberapa kuatkah model bisnis Anda bisa bertahan?" jelas Michael.

Para startup juga harus menyiapkan data secara detail sebelum menemui calon investor secara virtual. Persiapan itu mencakup: personal branding dan profil yang lengkap. 

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini