Kementerian Pertanian Kembangkan Program PWMP Guna Wujudkan Pertanian Modern

Kementerian Pertanian Kembangkan Program PWMP Guna Wujudkan Pertanian Modern Foto: BPPSDMP

Salah satu target Kementerian Pertanian mewujudkan pertanian yang maju, mandiri, dan modern. Salah satu upaya untuk mewujudkan pertanian moder melalui program PWMP.

Dalam berbagai kesempatan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan bahwa pertanian adalah sektor yang sangat penting, terutama dalam menopang kemajuan ekonomi nasional.

Baca Juga: Komisi IV Menilai Soal Harga Kedelai Bukan Urusan Kementan  

Untuk itu, pertanian harus didorong menjadi subsektor ekonomi yang maju, mandiri, dan modern yang didukung oleh kapasitas SDM pertanian yang profesional, mandiri, dan berdaya saing.

“Modern itu berarti di dalamnya kita bicara SDM. Bagaimana mau cepat kalau masih pakai kendaraan kemarin. Bagaimana mau maju kalau ilmunya, teknologinya, mekanisasinya masih seperti yang kemarin,” ujar Mentan SYL.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan guna mendukung pembangunan pertanian maju, mandiri, dan modern, perlu dilakukan penyiapan, pencetakan SDM pertanian unggulan.  

SDM yang kompetitif sebagai tenaga kerja pertanian serta pengusaha pertanian milenial yang handal, kreatif, inovatif, professional, serta mampu menyerap lapangan pekerjaan sektor pertanian sebanyak mungkin. 

“Pengusaha pertanian milenial diharapkan mampu menjadi resonansi penggebuk tenaga muda di sekitarnya untuk menjadi SDM pertanian unggulan yang mampu menggenjot pembangunan pertanian menjadi pertanian maju, mandiri dan modern," tutur Dedi Nursyamsi, Jumat (15/01/2021).

Sebagai langkah nyata peningkatan kualitas serta jumlah SDM pertanian, di awal tahun 2021, Kementerian Pertanian (Kementan) terus mengupayakan regenerasi petani melalui  peningkatan jumlah serta kapasitas wirausaha muda pertanian melalui program Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP).

Tak hanya menyasar siswa serta mahasiswa pendidikan vokasi dibawah naungan Kementan serta Perguruan Tinggi Negeri Mitra semata, kini PWMP hadir untuk memfasilitasi pemuda tani, Duta Petani Milenial (DPM) serta Kelompok Usaha Bersama (KUB).

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini