Peraih Nobel Ilmu Ekonomi: Sektor Finansial, Jangan Takut Akan Perubahan!

Peraih Nobel Ilmu Ekonomi: Sektor Finansial, Jangan Takut Akan Perubahan! Kredit Foto: Unsplash/Blake Wisz

Inovasi serta investasi pengetahuan dan teknologi berperan penting menopang daya saing dan kemajuan; menuju pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Oleh karena itu, strategi pertumbuhan berbasis inovasi makin menjadi sorotan dari segi pembuatan kebijakan ekonomi--guna mengatasi tantangan global di lingkungan dan kesehatan.

Dalam gelaran Asian Financial Forum (AFF) 2021, peraih Nobel Ilmu Ekonomi 2018, Paul Romer membahas betapa pentingnya inovasi di sektor finansial. "(Inovasi) membuat sektor finansial lebih beragam serta semakin menantang," ujarnya, Senin (18/1/2021).

Baca Juga: Tips Pitching Startup: 3 Hal Ini Bisa Buat Investor Lirik Bisnismu

Baca Juga: Mengapa WhatsApp Tunda Kebijakan Baru? Ternyata Karena ....

Menurutnya, inovasi mendorong bisnis di sektor finansial untuk mencoba hal-hal baru, jangan sampai takut akan perubahan.

Romer menganalisis ekonomi global sera mencari jalan menuju sumber pertumbuhan baru yang berkelanjutan. "Pendidikan menjadi salah satu jalan bagus menujuk sumber daya alam. Namun, bukan hanya pendidikan, melainkan juga jenis pekerjaan," kata Petinggi Bank Dunia itu.

Ia menganggap, jenis pekerjaan harus menyediakan hal-hal baru setiap harinya sehingga semakin banyak SDM bertalenta, maka semakin banyak pula inovasi di masa depan.

Mengusung tema "Membentuk Kembali Lanskap Ekonomi Dunia" AFF 2021 berlangsung pada Senin dan Selasa (19/1/2021) secara virtual. Selain Romer, ada pula lebih dari 150 pakar keuangan global dalam forum itu.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini