Standard Chartered Proyeksikan Ekonomi Global Tumbuh 4,8% Tahun ini

Standard Chartered Proyeksikan Ekonomi Global Tumbuh 4,8% Tahun ini Foto: Unsplash/Chengting Xie

Standard Chartered Bank (Bank) memperkirakan pertumbuhan PDB global berada di kisaran 4,8% pada tahun 2021, jauh lebih tinggi dibandingkan 2020 yang terkontraksi 3,8%.

Walaupun perkiraan pertumbuhan 4,8% jauh di atas pertumbuhan rata-rata global selama 10 tahun terakhir (3,7%), pemulihan yang diharapkan tahun ini tidak sepenuhnya akan menutup kesenjangan yang diciptakan oleh krisis COVID-19.

Demikian laporan Global Focus – Economic Outlook 2021 dari Standard Chartered Bank yang dipublikasikan dalam acara tahunan Global Research Briefing (GRB), secara virtual, Senin (18/1/2021).

Baca Juga: Gaungkan Perbankan Digital, Standard Chartered Gandeng Bukalapak

"Bank memperkirakan pertumbuhan global akan normal kembali menjadi 4,0% pada tahun 2022. Hal ini sejalan dengan rata-rata tingkat pertumbuhan 3,7% dalam 10 tahun terakhir dan merupakan peningkatan dari 2019 (2,9%)," terang laporan tersebut.

Menurut Standard Chartered, bank sentral di seluruh dunia kemungkinan besar akan mempertahankan sikap kebijakan yang akomodatif sampai pertumbuhan pulih secara lebih berkelanjutan.

"Bank memperkirakan pemulihan akan menguat pada paruh kedua 2021 seiring dengan peningkatan investasi," tulis Standard Chartered.

Pandangan ekonomi Standard Chartered ke depan untuk tahun 2021 berpusat pada bagaimana dunia akan pulih dari guncangan akibat COVID yang merupakan suatu fenomena yang belum pernah terjadi sebelumnya di zaman modern ini.

Pemerintah dan pihak swasta sama-sama merasakan dampak negatif yang cukup hebat pada neraca mereka, yang kemungkinan akan memakan waktu beberapa tahun untuk memperbaikinya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini