Pelindo III Percepat Pembangunan Terminal Serbaguna di Labuan Bajo

Pelindo III Percepat Pembangunan Terminal Serbaguna di Labuan Bajo Foto: Pelindo III

PT Pelindo III mempercepat pembangunan Terminal Multipurpose (serbaguna) Labuan Bajo di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), dengan kolaborasi para pemangku kepentingan sebagai pelaksana amanah dari Menteri Perhubungan.

Direktur Utama Pelindo III, U Saefudin Noer, mengatakan bahwa pihaknya mengharapkan terminal serbaguna di Labuan Bajo rampung tahun 2021 guna mendukung program pemerintah menjadikan Labuan Bajo sebagai kawasan tujuan wisata superpremium.

Baca Juga: Kejar Target, Pelindo III Kebut Pembangunan Pelabuhan Labuan Bajo

"Untuk percepatan proses pembangunan, ada pembagian pembangunan, yaitu sisi laut oleh Kementerian Perhubungan dengan pelaksana BUMN PT Brantas Abipraya dan untuk sisi darat dilakukan oleh Pelindo III dengan pelaksana PT Wijaya Karya," kata Saefudin dalam keterangan tertulis, Selasa (19/1/2020).

Saefudin mengatakan bahwa secara keseluruhan, pembangunan terminal serbaguna Labuan Bajo telah mencapai 85% dan dibangun sejak awal Agustus 2020. Sejumlah pihak, kata dia, berkontribusi dalam pembangunan terminal tersebut, di antaranya Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Dukungan yang kuat juga diberikan Gubernur NTT dan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat," katanya.

Ia berharap, selesainya terminal tersebut akan mendorong bagi percepatan pemulihan ekonomi nasional pascapandemi Covid-19.

"Terminal Multipurpose Labuan Bajo nantinya akan melayani kegiatan pelayanan barang dan peti kemas yang selama ini dilakukan di pelabuhan eksisting yang ada di tengah kota. Selanjutnya, oleh pemerintah, pelabuhan lama akan disiapkan menjadi pelabuhan wisata untuk kegiatan penumpang guna mendukung sebagai kawasan wisata superpremium," katanya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini