Alhamdulilah, Pemerintah Akan Bantu Perbaikan Rumah Korban Gempa

Alhamdulilah, Pemerintah Akan Bantu Perbaikan Rumah Korban Gempa Foto: Antara/Mohamad Hamzah

Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah akan membantu perbaikan rumah para korban gempa 6,2 skala Richter yang mengguncang Kabupaten Mamju dan Kabupaten Majene, Sulawesi Barat.

Hal itu ditegaskan Jokowi saat melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa (19/1/2021). Kunjungan kerja ini dalam rangka meninjau penanganan bencana gempa yang terjadi di daerah tersebut.

Baca Juga: Jepang Siap Turun Tangan Bantu Korban Gempa di Sulawesi Barat

Menurut Jokowi jumlah bantuan untuk perbaikan akan disesuaikan dengan kondisi kerusakan rumah warga. Jokowi mengatakan besarnya bantuan pemerintah berkisar Rp10 hingga Rp50 juta.

“Pemerintah pusat akan memberikan bantuan untuk perbaikan rumah warga yang mengalami kerusakan. Nilai bantuan Rp.10 sampai 50 juta rupiah, tergantung tingkat kerusakan,” kata dia.

Jokowi mengatakan dalam kunjungannya ia berkunjung ke di Stadion Manakarra, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Dirinya ingin memastikan langsung bahwa evakuasi dan pertolongan yang diberikan kepada warga terdampak gempa telah berjalan dengan baik.

“Saya datang untuk memastikan bahwa proses evakuasi, bantuan kepada masyarakat, logistik untuk pengungsi, dan tenda-tenda pengungsi terkelola dengan baik. Ini yang ingin saya pastikan dengan datang ke sini,” ujarnya.

Presiden memastikan bahwa pemerintah pusat akan memberikan bantuan dengan membangun kembali gedung-gedung pemerintahan yang roboh agar pelayanan publik dapat kembali berjalan.

“Tadi saya sudah sampaikan ke Gubernur, untuk gedung-gedung pemerintah yang roboh, setelah diaudit, nanti segera pemerintah pusat akan bangun kembali,” pungkasnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini