Layanan Kesehatan Inggris Gunakan Sistem Blockchain Pantau Penyimpanan Vaksin Covid-19

Layanan Kesehatan Inggris Gunakan Sistem Blockchain Pantau Penyimpanan Vaksin Covid-19 Foto: Sufri Yuliardi

Jaringan blockchain Hedera Hashgraph digunakan oleh penyedia pelacakan aset digital yang berbasis di Inggris Raya bernama Everyware untuk menyediakan sistem untuk mengelola penyimpanan vaksin Covid-19 bagi Layanan Kesehatan Nasional negara itu.

Beberapa dari vaksin Covid-19 yang banyak digunakan yang sedang diberikan saat ini memerlukan kondisi penyimpanan yang sangat dingin agar tetap efektif, menghadirkan tantangan yang signifikan bagi layanan kesehatan publik dan swasta di seluruh dunia.

Baca Juga: Real Estat Asal Jerman Terbitkan Obligasi 336 Miliar Lewat Blockchain Stellar

Untuk memastikan bahwa pemeliharaan vaksin Covid-19 dapat dipantau secara aman dan transparan oleh peserta dalam proses distribusi di Inggris, Everyware akan menyediakan beberapa fasilitas NHS dengan perangkat lunak pelacakan dan pemantauan asetnya, menggunakan Hedera Consensus Service menurut laporan Cointelegraph, Rabu (20/1/2021).

Lapisan dasar Hedera menyediakan stempel waktu yang dapat diverifikasi dan urutan kejadian di seluruh rantai pasokan vaksin dan memungkinkan fasilitas perawatan kesehatan untuk berbagi data secara aman dengan peserta lain yang terlibat dalam rantai pengiriman vaksin-di antaranya penyedia farmasi, fasilitas penyimpanan terpusat, dan perusahaan transportasi. Berbicara kepada Cointelegraph, perwakilan Everyware menulis:

"Sampai saat ini, peserta lain, perusahaan farmasi, telah dikomunikasikan melalui saluran NHS yang ada. Menyambungkan pihak ketiga [ke sistem pemantauan vaksin] semudah membuat akun untuk pengguna dan grup yang memiliki kepentingan dalam kumpulan aset tertentu," kata perusahaan.

Awalnya, Everyware menyediakan solusi berbasis Hedera untuk sekelompok fasilitas NHS terpilih di wilayah South Warwickshire, termasuk rumah sakit Stratford Upon Avon dan Warwick, sebelum peluncuran yang lebih luas di masa mendatang.

Perwakilan tersebut mengatakan bahwa Everyware telah bekerja dengan trust NHS selama "beberapa tahun, dimulai dengan memantau obat-obatan yang didinginkan dan suhu kamar." Aset seperti lemari es darah, freezer, dan penghangat, semuanya merupakan contoh jenis aset yang dipantau Everyware di fasilitas kesehatan umum di Inggris Raya. Ada juga diskusi dengan pihak NHS untuk menerapkan sistem di masa mendatang guna mengurangi pemborosan obat di berbagai fasilitas.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini