Tak Punya Pengalaman Baja, Pria Ini Justru Jadi Miliarder Berkat Industri Ini!

Tak Punya Pengalaman Baja, Pria Ini Justru Jadi Miliarder Berkat Industri Ini! Foto: Ch? t?ch T?p ?oàn Hòa Phát

Miliarder Vietnam, Tran Dinh Long sejatinya tak memiliki pengalaman di bidang baja ketika dia memutuskan untuk bergabung dalam industri baja pada pertengahan 1990-an. Ia bertaruh Vietnam akan membutuhkan lebih banyak lagi seiring dengan berkembangnya negara.

"Yang saya miliki hanyalah hasrat dan tak ada rasa takut," ujar pendiri dan ketua Hoa Phat Group yang dikutip dari Bloomberg News di Jakarta, Rabu (20/1/21).

Beberapa dekade kemudian, bisnis tersebut menjadi begitu sukses sehingga menjadikan wirausahawan berusia 59 tahun itu menjadi miliarder.

Baca Juga: Miliarder Maskapai Ini Berharap Bakal Ada Paspor Vaksinasi Covid

Saham Hoa Phat pun naik lebih dari dua kali lipat tahun lalu karena keuntungan melonjak pada pembuat baja terbesar yang terdaftar di negara itu. Hal itu mendorong kekayaan Long dan istrinya menjadi USD1,9 miliar (Rp26 triliun) setelah memperhitungkan saham yang dijaminkan, menurut Bloomberg Billionaires Index.

Long memiliki 26% saham Hoa Phat, ia mengatakan saham tersebut tidak dinilai terlalu tinggi meskipun rasio harga terhadap pendapatan mendekati tertinggi dalam lebih dari satu dekade.

Perusahaan tersebut menjadi lambang pertumbuhan ekonomi Vietnam yang bahkan melebar tahun lalu ketika banyak negara lain terjangkit virus corona. Vietnam relatif tidak terluka oleh pandemi, mencatat kurang dari 1.600 kasus.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini