Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Social Listening?

Apa Itu Social Listening? Kredit Foto: Indianaexpress.com
Warta Ekonomi, Jakarta -

Setiap perusahaan pasti mengetahui pentingnya membangun reputasi yang kokoh di media sosialnya. Ini merupakan cara ideal untuk brand Anda karena disaat itulah Anda telah mencapai tahap brand awareness yang tinggi.

Namun, segala sesuatunya tidak selalu hitam dan putih. Hal terakhir yang Anda perlukan adalah mengembangkan reputasi brand agar dapat menghindari hal negatif seperti pelayanan yang buruk, skandal, dan masalah lain yang dapat menyebabkan brand Anda dipandang negatif di media sosial.

Baca Juga: Apa Itu Inbound Marketing?

Untuk bisa mencegah dampak negatif yang bisa Anda terima sewaktu-waktu, sangat penting untuk terus melacak saluran media sosial brand Anda dan mencari jika terdapat tanda bahaya. Di situlah peran social listening. Baca selengkapnya di artikel berikut ini.

Mengenal Apa Itu Social Listening

Social listening adalah cara untuk memantau feedback pelanggan saluran media sosial brand Anda atau diskusi mengenai kata kunci, topik, pesaing, atau industri tertentu, diikuti dengan analisis untuk mendapatkan wawasan serta menindaklanjuti peluang tersebut.

Tidak seperti social monitoring, social listening adalah proses yang memerlukan dua tahapan. Sosial monitoring hanya melakukan yang tahapan pertama, yaitu melacak penyebutan dan percakapan di media sosial. Namun, tanpa analisis dan tanggapan yang dapat ditindaklanjuti, brand Anda tidak dapat memenuhi kebutuhan pelanggannya secara memadai. Sosial listening dapat menemukan akar penyebab di balik percakapan sosial dan menerapkan perubahan strategi jangka panjang.

Dengan melakukan sosial listening, Anda dapat membuat jenis konten yang benar-benar diinginkan pengikut media sosial Anda, memunculkan ide-ide baru berdasarkan tren industri, meningkatkan pengalaman pelanggan Anda dengan berinteraksi langsung dengan pelanggan, dan terus mengubah strategi pelanggan Anda agar sesuai dengan kebutuhan saat ini.

Kata yang paling khas untuk dilacak adalah nama brand, tetapi kemungkinan pemantauan media sosial dapat melampaui itu, karena Anda dapat memantau sebutan pesaing Anda, industri, tagar kampanye. Terlepas dari namanya, sosial listening tidak hanya tentang media sosial, namun banyak alat pendengar yang berfungsi memantau situs web berita, blog, forum, dan bagian web lainnya.

Jika Anda masih belum yakin tentang perlunya melakukan sosial listening, bacalah bagian manfaat dari sosial listening dan mengapa hal itu sangat penting. 

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel: