Microsoft Ingin Berkontribusi di Industri Kendaraan Otonom

Microsoft Ingin Berkontribusi di Industri Kendaraan Otonom Foto: Republika

Pengembangan kendaraan otonom merupakan pengembangan yang sangat berkaitan dengan penerapan tekologi informasi. Agar sistem kendaraan otonom dapat berjalan dengan optimal, maka sejumlah sistem pun memanfaatkan teknologi cloud service.

Dilansir dari Neowin pada Kamis (21/1/2021) penerapan teknologi informasi dalam sistem transportasi masa depan kemudian mendorong Microsoft untuk ikut berkontribusi. Oleh karena itu, Microsoft menjalin kerja sama dengan General Motors (GM) dan perusahaan self driving car bernama Cruise.

Baca Juga: Gandeng Microsoft, Nicke Widyawati Arahkan Pertamina Menuju Ketahanan Bisnis saat Pandemi Covid-19

Lewat kerja sama ini, maka GM dan Cruise melakukan pengembangan teknologi bersama perusahaan cloud computing service bentukan Microsoft yang bernama Azure. Dengan begitu, diharapkan sinergi ini mampu menghasilkan kendaraan otonom yang efisien dan aman berkat penerapan kapabilitas cloud computing yang handal.

CEO Microsoft, Satya Nadella mengatakan, saat ini perkembangan teknologi semakin mencakup seluruh aspek kehidupan. "Termasuk dalam mobilitas orang dan barang. Lewat kerja sama ini, maka kami yakin penggunaan kendaraan otonom akan semakin masif," kata Satya.

Selanjutnya, Microsoft juga akan kembali menggandeng GM bersama dengan Honda untuk membentuk ekuitas baru dalam Cruise. Langkah ini pun diiringi dengan investasi dengan total nilai sebesar 2 miliar dolar AS.

Cruise merupakan perusahaan yang dibentuk pada 2013 dan kemudian diakuisisi oleh GM pada 2016. Akuisisi ini dilakukan karena GM ingin memiliki entitas tersendiri yang fokus dalam pengembangan kendaraan otonom.

Ketertarikan GM bermula saat Cruise berhasil membenamkan sistem kendali otonom pada produk Audi dan Nissan. Gayung bersambut, ternyata kini Cruise juga berhasil membuat Microsoft untuk turut serta dalam pengembangan kendaraan otonom.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini