Hari Pertama di Gedung Putih, Biden Sibuk Cuci Piring Kotor Trump

Hari Pertama di Gedung Putih, Biden Sibuk Cuci Piring Kotor Trump Foto: Antara/REUTERS/Jonathan Ernst

Setelah dilantik, Presiden Amerika Serikat Joe Biden langsung sibuk "cuci piring kotor" yang ditinggalkan Donald Trump. Hari pertama ngantor di Gedung Putih, Biden langsung mencabut berbagai kebijakan buruk yang sudah diambil Trump. 

Tak ada waktu bagi Biden untuk bersantai-santai. Setelah acara pelantikan di Capitol Hill selesai pada Rabu siang (21/1), Biden langsung menuju Gedung Putih. Hal pertama yang dilakukannya adalah memberikan arahan ke anak buahnya yang bekerja di sana. 

Biden minta anak buahnya bekerja profesional. Ia tidak mau ada anak buahnya yang bersikap tidak hormat atau berbicara dengan merendahkan orang. "Kalau saya mendengar Anda memperlakukan rekan kerja lainnya dengan tidak hormat, saya akan langsung memecat Anda," ancam Biden, kemarin.

Baca Juga: Biden Membalik Kebijakan Warisan Trump, Apa itu?

Mantan Wapres Barack Obama ini juga langsung “nembak”. Dia bilang, pemerintah Trump tak memberikan contoh baik dalam memperlakukan orang lain. "Setiap orang berhak diperlakukan dengan sopan dan bermartabat. Itu telah hilang secara besar-besaran selama empat tahun terakhir," ucapnya.

Setelah itu, Biden menandatangani 17 perintah eksekutif yang isinya mengembalikan berbagai kebijakan yang telah diambil Trump. Perintah itu antara lain mengembalikan AS ke dalam kesepakatan iklim Paris Agreement. Sebelumnya, pada 2017, Trump menarik AS dari Paris Agreement. 

"Ini semua hanyalah titik awal. Tidak ada waktu lain untuk memulai selain hari ini,” kata Biden, di Oval Office, saat dia mulai menandatangani setumpuk dokumen. 

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini