Apa Itu Yuan Digital?

Apa Itu Yuan Digital? Kredit Foto: Reuters

China jadi pionir pengembangan Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC); karena pemerintah Negeri Tirai Bambu telah beberapa kali menguji coba CBDC berbentuk yuan digital.

Uji coba yuan digital telah memasuki tahap keempat di China. Di Kota Shenzhen, pemerintah melakukan uji coba 3 kali, dilansir dari Investopedia, Jumat (22/1/2021).

Pada September 2020, China merampungkan uji coba DC/EP. Apakah itu?

Baca Juga: Pemkot Shenzhen China Bagi-Bagi Rp42 M Cuma-Cuma, Demi Lakukan ....

Baca Juga: Waduh, Harga Bitcoin Turun ke Level Terendah Selama ....

Apa Itu Yuan Digital?

Jadi, yuan digital adalah versi digital mata uang nasional China (DC/EP). Nah, DC/EP sendiri merupakan singkatan dari Pembayaran Elektronik Mata Uang Digital. 

Alat pembayaran DC/EP mendapat dukungan deposito yuan di Bank Sentral China. Pengembangannya sudah berlangsung lebih dari 5 tahun.

Sebab di bawah kebijakan saat ini, bank mesti mengubah sebagian kepemilikan yuan ke bentuk digital; lalu mendistribusikannya ke bisnis dan masyarakat lewat ponsel. 

DC/EP berbeda dengan mata uang kripto, mengapa? Sebab yuan digital merupakan alat pembayaran sah, terpusat, juga tidak menerapkan anonimitas.

Dengan yuan digital, China dapat melibatkan penduduk yang tak punya rekening bank ke ekonomi arus utama; mendorong masyarakat tanpa uang tunai, dan; membawa penggunaan renmibi di pasar internasional.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini