Butuh Duit Buat Bayar Utang, Smartfren Putuskan Jual Saham ke Publik

Butuh Duit Buat Bayar Utang, Smartfren Putuskan Jual Saham ke Publik Kredit Foto: Smartfren

Perusahaan telekomunukasi milik Sinar Mas Grup, PT Smartfren telecom Tbk (FREN) berencana untuk melakukan Penawaran Umum Terbatas IV (PUB IV), melalui Penambahan Modal Dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) atau right issue sebanyak-banyaknya 7 miliar saham seri C bernominal Rp100 per lembar.

Perseroan akan menggunakan dana hasil right issue dan pelaksanaan waran untuk pembayaran utang perseroan dan anak usaha serta modal kerja. Namun, bagi pemegang saham perseroan yang tidak melaksanakan HMETD-nya dan menebus waran akan terdilusi porsi kepemilikan sebesar-besarnya 37,6 persen.

Baca Juga: Nasib 8 Perusahaan di Konglomerasi Bisnis Sinar Mas Group

Perseroan pun akan menerbitkan waran sebanyak-banyaknya 91,999 miliar atau setara 34,9 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Selanjutnya, waran tersebut dapat ditebus menjadi saham perseroan dengan harga pelaksanaan, setelah enam bulan sejak diterbitkan.

Rencananya, pelaksanaan aksi korporasi itu berlangsung dalam rentang 12 bulan sejak persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) perseroan tanggal 2 Maret 2021 dan pernyataan efektif OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini