Jangan Sepelekan! Kondisi Kulit Bisa Jadi Sinyal Kamu Terpapar Covid-19 Lho!

Jangan Sepelekan! Kondisi Kulit Bisa Jadi Sinyal Kamu Terpapar Covid-19 Lho! Foto: Sufri Yuliardi

Saat ini kita semua tahu gejala Covid-19 yang cukup umum, seperti demam, batuk kering, dan nyeri otot yang memerlukan waktu lama untuk mereda dan mungkin juga menandakan tingkat keparahan dan jenis infeksi yang dialami.

Beberapa tanda infeksi lain yang mungkin juga berbahaya, tetapi sering kali luput dari perhatian. Misalnya adanya gejala COVID-19 pada jari kaki dan ruam. Baca Juga: Pandemi Covid-19 Nyaris Setahun, Suku Baduy Nol Kasus Positif

Meskipun dapat dengan mudah dianggap sebagai ruam normal atau tanda alergi, ruam yang tidak biasa, kemerahan, dan benjolan sering kali dapat bertindak sebagai tanda Covid-19 yang parah. 

Hampir 1 dari 6 pasien dengan gejala kulit akut memerlukan perawatan di rumah sakit, dan banyak lainnya menderita gejala yang menetap berminggu-minggu dan berbulan-bulan setelah pemulihan. Oleh karena itu, ini bukanlah gejala yang bisa dianggap enteng. Baca Juga: Cegah Penyebaran Covid, Warga Prancis Diminta Nggak Ngobrol di Transportasi Umum

Penelitian juga menunjukkan bahwa ruam dan benjolan juga merupakan tanda utama infeksi pada anak-anak yang lebih kecil, yang menunjukkan gejala yang berbeda dengan orang dewasa.

Berikut ini sejumlah tanda-tanda yang harus mulai diwaspadai pada kulit Anda, dilansir Times of India.

Ruam

Bagi banyak orang yang menderita COVID-19, virus tersebut dapat menyebar ke pembuluh darah vena dan arteri serta menyebabkan peradangan, yang muncul di kulit. Peradangan yang cepat ini dapat menyebabkan ruam, yang kadang-kadang dapat digambarkan sebagai 'bintik-bintik merah, gatal, dan bahkan bergelombang'.

Pada anak kecil dan bayi, munculnya kulit belang-belang atau tidak rata yang bisa terjadi di kaki, tangan, perut atau punggung bisa menjadi tanda yang harus diwaspadai.

Kulit tidak rata, bergelombang dengan kemerahan juga bisa terjadi karena perubahan tingkat tekanan darah dan aliran oksigen dalam tubuh. Ini juga bisa disebabkan oleh rasa dingin dan menggigil yang ekstrem yang terjadi dengan demam.

Pembengkakan di jari kaki

Gejala COVID-19 pada jari kaki  pertama kali ditemukan pada anak-anak, sekarang menjadi tanda umum yang juga diperlihatkan oleh orang dewasa.

Sekali lagi akibat peradangan dalam tubuh yang disebabkan oleh penyebaran virus, jari kaki dapat menyebabkan pembengkakan, lesi, dan perubahan warna pada jari tangan dan kaki. Mereka diibaratkan mirip dengan radang dingin musim dingin dan sakit tenggorokan.

Seiring dengan perubahan warna dan pembengkakan, ini juga dapat menyebabkan lecet, dan menyebabkan gatal, nyeri, dan rasa kasar.

Bibir kering

Seperti yang ditunjukkan banyak pasien, bibir bisa menjadi sakit jika menderita infeksi virus corona. Bibir kering dan bersisik selama fase infeksi bisa menjadi umum dan rasa sakit juga bisa menyebar ke dalam mulut. Ini kemungkinan besar merupakan penyebab kulit kering dan melepuh yang terjadi dengan infeksi.

Bibir kering juga bisa terjadi saat Anda dehidrasi, atau tidak mendapatkan cukup nutrisi selama pemulihan. Tanda lainnya adalah warna kebiruan di bibir, yang disebabkan oleh kekurangan oksigen juga bisa bertindak sebagai tanda perhatian.

Lalu siapa yang lebih berisiko? Penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki kondisi medis tertentu yang sudah ada sebelumnya, seperti gangguan pernapasan, obesitas, lansia (yang dapat memengaruhi kekebalan) lebih mungkin berisiko mengembangkan Covid-19.

Penderita diabetes yang sudah sembuh dari Covid-19 perlu memberikan perhatian ekstra karena memiliki risiko lebih tinggi terkena infeksi kulit, mengalami pendarahan dan luka.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini