Lebih Cepat dari Jadwal, Tangerang Sudah Terima Ribuan Dosis Vaksin Sinovac

Lebih Cepat dari Jadwal, Tangerang Sudah Terima Ribuan Dosis Vaksin Sinovac Foto: Sufri Yuliardi

Ribuan vaksin COVID-19 Sinovac tiba serentak di wilayah Kota dan Kabupaten Tangerang pada Sabtu, 23 Januari 2021. Untuk wilayah Kota Tangerang, pemerintah setempat mendapatkan 22.280 dosis yang langsung disimpan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Instalasi Farmasi, Cibodas, Kota Tangerang.

Lalu, untuk Kabupaten Tangerang sebanyak 22.154 yang langsung disimpan di Gedung Farmasi Cikupa, Kabupaten Tangerang. Baca Juga: Dear All, Risiko Kena Covid-19 Masih Ada Lho Meski Sudah Divaksin

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Liza Puspadewi, mengatakan bahwa vaksin tersebut didistribusikan lebih cepat dari jadwal yang telah ditentukan pihak Provinsi Banten. 

"Seharusnya kita dapat (vaksin) di bulan Februari, tapi dipercepat karena mungkin produksinya juga lebih cepat," kata Liza. Baca Juga: Alhamdulillah, Kemenkes Sebut 141 Ribu Tenaga Kesehatan Sudah Divaksinasi

Nantinya, ribuan vaksin itu akan digunakan untuk dua termin. Di mana pada termin pertama, vaksin yang digunakan sebanyak 11.113 dosis.

"Ini ada digunakan dua termin dan termin pertama akan digunakan sebanyak 11.113 dosis yang akan didistribusikan ke 38 puskesmas," ujarnya.

Dalam prosesnya, vaksin langsung dimasukkan dan disimpan dalam kotak pendingin untuk menjaga suhu dari vaksin tersebut. Di mana digunakan 4 kotak pendingin dengan kapasitas 2 ribu sampai tiga ribu liter.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini