Banjir Mendekat ke Jakarta, Anies Baswedan Siap Siaga

Banjir Mendekat ke Jakarta, Anies Baswedan Siap Siaga Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Banjir tahunan yang datang setiap musim hujan semakin dekat dengan Jakarta. Kota Bekasi, wilayah yang hanya ‘sejengkal’ dari Jakarta, bahkan sudah dilanda banjir. Mengetahui banjir sudah sampai Bekasi, Gubernur DKI, Anies Baswedan langsung siap siaga.

Hujan yang terjadi sejak kemarin pagi, membuat sejumlah wilayah di Kota Bekasi, dilanda banjir. Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, 6 kecamatan mengalami banjir dengan ketinggian air berbeda-beda.

Baca Juga: Anies Perpanjang PSBB di Jakarta, Ruang Isolasi Cuma Tersedia Segini Nih...

Pertama, banjir di Kecamatan Rawalumbu. Rata-rata genangan 10- 20 cm. Kedua, Kecamatan Pondok Gede. Di sini, akses jalan sampe tertutup, tepatnya di Jalan Kemang Sari Jatibening. Ketiga, Kecamatan Medan Satria. Dua kelurahan tergenang air sekitar 20-40 cm.

Keempat, Kecamatan Jatiasih. Saking derasnya, hujan membuat longsor Perumahan Pesona Jati Asri, Kelurahan Jatikramat. Kelima, Kecamatan Bekasi Selatan. Rata-rata banjir sekitar 20- 30 cm. Keenam, Kecamatan Bekasi Barat. Di kecamatan ini, banjir paling parah terjadi Perumahan Duta Kranji, dengan ketinggian 120 cm.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bekasi, Agus Harpa membeberkan, pihaknya sudah menyebar personel di seluruh kecamatan untuk melaporkan situasi dan mengevakuasi warga. Kata dia, genangan itu terjadi akibat hujan deras dan saluran sekunder atau drainase tidak lancar.

“Dari hasil pendataan, ada 22 titik genangan dengan kedalaman bervariasi terjadi di enam kecamatan,” ungkap Agus di Bekasi, kemarin.

Bagaimana dengan Jakarta? Dibanding tahun lalu, hujan kemarin hanya membuat beberapa titik di wilayah Ibu Kota tergenang air. Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, M Insaf mengatakan, terdapat 10 jalan tergenang akibat curah hujan yang tinggi tersebut.

Insaf mengatakan, jalan yang tergenang air di 10 titik di DKI Jakarta memiliki ketinggian beragam dari 10 cm hingga 45 cm. Dia merinci, di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara terdapat 1 titik jalanan yang tergenang banjir, sementara di Jakarta Barat terdapat 3 titik banjir, dan Jakarta Timur 5 titik banjir.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini