Apa Itu Branding?

Apa Itu Branding? Kredit Foto: Indianaexpress.com

Apa itu branding? Ini bisa menjadi pertanyaan yang rumit untuk dijawab karena definisi suatu brand akan berubah berdasarkan siapa yang Anda tanyakan. Brand dapat menjadi hal yang berbeda bagi setiap orang yang berbeda dan pada waktu yang berbeda.

Lihat bagaimana ini bisa menjadi pertanyaan yang rumit. Beberapa orang berpikir jika brand adalah sebuah perusahaan; yang lain berpikir brand adalah apa yang mereka rasakan tentang sebuah organisasi bisnis. Namun pada kenyataannya, brand adalah campuran dari segalanya.

Baca Juga: Apa Itu Yuan Digital?

Brand didefinisikan sebagai produk tertentu atau karakteristik yang berfungsi untuk mengidentifikasi produk. Ini juga bisa berupa logo, baik dirancang dengan menggunakan alat pembuat logo online atau oleh desainer profesional, font yang telah diteliti dengan baik atau kombinasi dari banyak aspek berbeda yang membantu membuat produk Anda untuk mudah diingat. Lalu muncul pertanyaan tentang apa itu branding? Untuk bisa menjawab pertanyaan itu, simak artikel berikut ini.

Apa Itu Brand?

Sebelum saya mendalami pentingnya branding, mari kita kembali ke pertanyaan dasar, apa itu brand?

Brand adalah fitur atau sekumpulan fitur yang membedakan satu organisasi dengan organisasi lainnya. Brand biasanya terdiri dari nama, tagline, logo atau simbol, desain, brand voice, dan lainnya. Ini juga mengacu pada keseluruhan pengalaman yang dialami pelanggan saat berinteraksi dengan bisnis tersebut sebagai seorang pembeli, pelanggan, follower akun media sosial, atau hanya pejalan kaki biasa.

Anda dapat mempertimbangkan brand sebagai ide atau citra yang ada dalam pikiran orang ketika berpikir tentang produk, layanan, dan aktivitas tertentu dari sebuah perusahaan, baik secara praktis (misalnya "sepatu itu ringan") dan cara yang emosional (misalnya "sepatu membuatku merasa lebih kuat"). Oleh karena itu, bukan hanya fitur fisik yang menciptakan suatu brand, tetapi juga terdapat perasaan yang dikembangkan konsumen terhadap perusahaan atau produknya. Kombinasi isyarat fisik dan emosional ini dipicu saat dihadapkan pada nama, logo, identitas visual, atau bahkan pesan yang dikomunikasikan.

Apa Itu Branding?

Branding adalah proses dalam menciptakan persepsi yang kuat dan positif tentang perusahaan, produk atau layanannya di benak pelanggan dengan menggabungkan elemen seperti logo, desain, pernyataan misi perusahaan, dan tema yang konsisten di seluruh komunikasi pemasaran. Branding yang efektif membantu perusahaan untuk membedakan diri dari pesaing dan membangun basis pelanggan yang setia.

Ini berarti pelanggan mengharapkan brand voice Anda sama melalui email, situs web, layanan pelanggan, dan setiap titik kontak lainnya dalam bisnis Anda. Jika Anda mengubah brand, Anda perlu mengubah logo Anda dan menata gaya pemasaran, baik online maupun offline. Pastikan Anda membuat brand yang konsisten sehingga pelanggan Anda menikmati kehadiran omni-channel Anda.

Branding di toko fisik bisa sangat berbeda dengan branding online karena di toko fisik Anda harus khawatir tentang positioning produk dan alat peraga yang dapat memengaruhi pengalaman pelanggan terhadap brand Anda. Branding di toko fisik lebih bersifat pengalaman langsung karena orang dapat berjalan-jalan dan mengambil barang, sedangkan pelanggan online hanya mengalami interaksi secara dua dimensi melalui platform internet. Tentu saja elemen branding harus konsisten dan disesuaikan jika ingin digunakan secara online atau di toko fisik. Ini juga termasuk citra dan penggunaan logo yang konsisten.

Apakah Branding itu Penting?

Brand yang unik dapat berdampak besar pada keuntungan perusahaan dengan memberi Anda keunggulan kompetitif atas pesaing Anda serta membantu Anda mendapatkan dan mempertahankan pelanggan dengan biaya yang jauh lebih rendah. Di situs e-commerce, di mana perusahaan baru (dan karenanya, pesaing baru) bermunculan setiap harinya, brand yang mapan dapat menjadi aset yang tak ternilai dalam membawa pelanggan dan menghasilkan keuntungan besar.

Terlepas dari apakah Anda sudah menginvestasikan waktu dan upaya untuk membuat brand yang menarik atau tidak memperhatikannya sama sekali, bisnis Anda tetap perlu memiliki brand. Namun, itu mungkin akan menjadi sangat berbeda dengan bagaimana bisnis Anda ingin terlihat di hadapan konsumen.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini