Seperti Cari Perhatian ke Joe Biden, Taiwan Laporkan Latihan Militer China di Wilayahnya

Seperti Cari Perhatian ke Joe Biden, Taiwan Laporkan Latihan Militer China di Wilayahnya Kredit Foto: Sindonews

Taiwan melaporkan adanya latihan militer pesawat tempur China dalam dua hari berturut-turut, aksi unjuk kekuatan yang digelar bertepatan pada awal masa jabatan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden.

Operasi udara yang berlangsung hari Minggu, melibatkan 15 pesawat terbang, sama seperti pelatihan sebelumnya.

Baca Juga: Sambil Sebut Bawa Ketakutan, China Nilai Armada AS di LCS Rusak Perdamaian

China menempatkan Taiwan sebagai bagian dari provinsi yang memisahkan diri, tapi otoritas Taiwan menganggap dirinya sebagai negara berdaulat.

Para pengamat mengatakan China sedang mengetes tingkat dukungan Biden kepada Taiwan.

Departemen Luar Negeri AS di bawah pemerintahan Biden, untuk pertama kalinya menegaskan kembali "komitmen yang sangat kuat" untuk membantu Taiwan dalam hal pertahanan. Sejauh ini, belum ada komentar resmi dari pemerintah China.

China telah melakukan penerbangan reguler di atas perairan antara bagian Selatan Taiwan dan Kepulauan Pratas yang dikuasai Taiwan di Laut China Selatan dalam beberapa bulan terakhir.

Menurut otoritas Taiwan, operasi udara ini biasanya dilakukan satu hingga tiga pesawat pengintai, atau pesawat tempur anti-kapal selam.

Menteri Pertahanan Taiwan mengatakan, enam pesawat pengebom China yang mampu membawa senjata nuklir, empat jet tempur, dan satu pesawat anti-kapal selam telah memasuki zona identifikasi pertahanan udara di bagian barat-daya, pada hari Sabtu.

Pada hari Minggunya, operasi udara dilanjutkan dengan melibatkan 12 jet tempur, dua pesawat anti-kapal selam dan pesawat pengintai, kata sang menteri.

Pasukan udara Taiwan telah mengeluarkan peringatan, dan mengerahkan sistem misil pertahanan udara untuk memonitor pesawat dari China.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini