Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pandemi, CIMB Niaga Optimalkan Remitansi via Platform Digital

Pandemi, CIMB Niaga Optimalkan Remitansi via Platform Digital Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Di tengah pandemi Covid-19, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus mengoptimalkan bisnis remitansi melalui platform digital untuk mendukung layanan yang tersedia di kantor cabang. Melalui layanan tersebut, nasabah tetap dapat bertransaksi transfer internasional dalam berbagai mata uang asing (valas) ke nomor rekening bank yang tergabung dalam jaringan SWIFT (Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication).

Bagi nasabah consumer, pengiriman dana ke luar negeri difasilitasi melalui aplikasi digital banking OCTO Mobile dan internet banking OCTO Clicks. Adapun bagi nasabah Korporasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), remitansi dapat dilakukan melalui internet banking BizChannel@CIMB dan mobile banking Bizchannel@CIMB Mobile.

Baca Juga: Mudahkan Pengusaha Kelola Bisnis, Ini yang Dilakukan CIMB Niaga

"CIMB Niaga memahami di tengah kondisi yang terbatas, kebutuhan nasabah untuk melakukan pembayaran transaksi bisnis maupun personal antarnegara tetap harus lancar. Karena itu, kami memberikan solusi remitansi melalui platform digital yang dapat melayani pengiriman dana dalam berbagai valuta asing ke luar negeri dengan kurs yang kompetitif dan proses yang cepat," jelas Head of Financial Institutions CIMB Niaga, Linda Marshelia, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (26/1/2021).

Mengadopsi fitur SWIFT GPI (Global Payment Innovation), layanan tersebut menjadi solusi kebutuhan nasabah atas fasilitas pengiriman dana ke luar negeri yang lebih cepat (sameday), aman, dan dapat dilacak status transaksinya secara realtime. Saat ini, layanan pelacakan status transaksi baru dapat dilakukan melalui kantor cabang dan akan terus dikembangkan sehingga nasabah dapat melihat secara langsung dari platform digital yang digunakan.

Selain melalui platform digital yang didukung jaringan SWIFT tersebut, CIMB Niaga juga menyediakan beragam layanan remitansi baik outgoing maupun incoming bekerja sama dengan berbagai mitra remitansi lainnya. Di antaranya, MoneyGram untuk layanan pengiriman atau penerimaan dana antarnegara yang dapat diambil secara tunai, student transfer untuk pengiriman dana pendidikan ke Australia, local currency settlement untuk kemudahan pengiriman dan penerimaan dana dari Indonesia ke Malaysia atau sebaliknya dalam mata uang ringgit dan rupiah.

Terdapat pula layanan remitansi lebih dari 120 mata uang asing dan Bank Draft atau penerbitan warkat valuta asing melalui CIMB Niaga. Berikutnya, international collection yang merupakan layanan terbatas penagihan warkat valuta asing melalui CIMB Niaga untuk diteruskan ke Bank Koresponden.

Dengan layanan remitansi yang beragam, CIMB Niaga dapat terus menjaga performa bisnis remitansi di masa pandemi sehingga tetap memberikan kontribusi kepada fee based income perusahaan. Seiring berangsur membaiknya kondisi perekonomian, ke depan bisnis remitansi diharapkan dapat tumbuh positif. CIMB Niaga juga akan meningkatkan kualitas layanan dengan memperkuat digitalisasi untuk memberikan customer experience yang lebih baik kepada nasabah.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: