Swedia Belum Mau Bayar Tagihan Covid-19, Kenapa?

Swedia Belum Mau Bayar Tagihan Covid-19, Kenapa? Foto: Antara/Nova Wahyudi

Badan Kesehatan Swedia menunda pembayaran vaksin COVID-19 buatan Pfizer Inc karena masih menunggu klarifikasi dari pembuat vaksin mengenai jumlah dosis yang tersedia pada tiap tabungnya, demikian laporan Dagens Nyheter, koran setempat yang terbit Selasa.

Pfizer membuat tagihan untuk enam dosis tiap tabung vaksin untuk Swedia, sementara kontrak pembelian menyebutkan negara itu akan membayar lima dosis vaksin per tabung. Swedia berharap Komisi Eropa dan Pfizer dapat menyepakati jumlah dosis yang akan dikirim per vial atau tabungnya.

"Sampai ada kejelasan, kami telah memberi tahu perusahaan kita harus menunggu informasi yang jelas dan sesuai dengan tagihan," kata Kepala Epidemiolog Badan Kesehatan Swedia, Anders Tegnell, sebagaimana dikutip oleh Dagens Nyheter.

Kantor perwakilan Pfizer di Swedia menolak menanggapi pertanyaan terkait masalah tersebut. Namun, pihak perusahaan memastikan ada enam dosis per tabungnya.

EU dan Pfizer semula sepakat tiap tabung akan berisi lima dosis vaksin. Namun kemudian, ada dosis keenam yang dapat diambil menggunakan jarum suntik khusus.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini