Ternyata... Miliarder China Gak Sekaya yang Terlihat, Ini Fakta-Faktanya!

Ternyata... Miliarder China Gak Sekaya yang Terlihat, Ini Fakta-Faktanya! Foto: Republika

Peringkat miliarder China tampak stabil seperti hidrogen, menurut laporan Bloomberg. Pada 2017, Hui Ka Yan, pendiri pengembang real estat China Evergrande Group adalah orang terkaya di negara itu.

Namun, tahta itu diklaim oleh Jack Ma dari Alibaba Group Holding Ltd. satu tahun kemudian. Sekarang, Zhong Shanshan, raksasa pembuat botol air Nongfu Spring Co. adalah orang terkaya di China. Bahkan, Zhong Shanshan lebih kaya dari Warren Buffett.

Baca Juga: Seperti Cari Perhatian ke Joe Biden, Taiwan Laporkan Latihan Militer China di Wilayahnya

Perombakan cepat ini sebagian mencerminkan adanya perubahan struktural dalam ekonomi China. Pengembang real estat meningkat pesat hingga akhir 2017, ketika Beijing meluncurkan kampanye penghapusan utang perusahaan yang kejam.

Pola itu memeriksa perluasan aset orang-orang seperti Hui yang menjalankan bisnis real estat yang paling banyak berhutang di dunia, dan membuka jalan bagi munculnya taipan teknologi. Namun, selama tiga bulan terakhir, musim berganti lagi.

Kali ini, Beijing menindak Big Tech karena antitrust. Penangguhan menit-menit terakhir dari penawaran umum perdana Ant Group Co. milik Jack Ma senilai USD35 miliar (Rp493 triliun) merugikan Ma miliaran dolar.

Tetapi hari ini, China adalah tentang Raksasa Makanan. Semua bisnis makanan dari pembuat baiju hingga peternak babi menikmati rekor penjualan dari rejeki nomplok belanja konsumen yang tidak perlu. Kenaikan dramatis Zhong Shanshan juga menjadi bagian dari fenomena itu.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini