Jokowi Minta Realisasi Vaksinasi Covid-19 Dikebut

Jokowi Minta Realisasi Vaksinasi Covid-19 Dikebut Foto: Dok Youtube Sekretarian Presiden

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa pemerintah akan mempercepat program vaksinasi untuk meminimalkan dampak kesehatan serta ekonomi dari pandemi Covid-19. Jokowi mengatakan vaksinasi telah ditetapkan menjadi kebijakan prioritas pemerintah yang akan dikerjakan dalam jangka pendek ini.

“Agenda jangka pendek kita untuk mengawali dengan melakukan vaksinasi massal secepat-cepatnya,” kata Jokowi di Jakarta, Rabu (27/1/2021).

Baca Juga: Raffi Ahmad Disuntik Vaksin Dosis Kedua: Alhamdulillah, Cuma Ngantuk Dikit

Untuk mempercepat program vaksinasi, pemerintah pun telah melakukan sejumlah persiapan mulai dari sumber daya manusia hingga infrastrukturnya.

“Kita persiapkan infrastruktur, persiapkan data, hingga vaksinator, dan semuanya sudah disiapkan dengan baik. Kita mengejar vaksinasi massal secepatnya untuk mengejar kekebalan komunal (herd imunity),” tegasnya.

Jokowi mengungkapkan bahwa ada 251 negara mengalami masa sulit saat ini. Krisis kesehatan dan krisis ekonomi harus diselesaikan dalam waktu yang bersamaan. “Antara gas dan rem harus dijalankan secara tepat. Dua hal yang sangat tidak mudah,” tambahnya.

Dua pekan sejak dimulainya program vaksinasi, pemerintah mencatat 179.428 tenaga kesehatan menerima suntikan vaksin buatan Sinovac Biotech. Pada tahap pertama, vaksin diberikan kepada 1,3 juta tenaga kesehatan dari Januari Hingga Maret mendatang. Tenaga kesehatan yang menerima pesan singkat untuk menjalani vaksinasi harus melakukan verifikasi lebih dulu.

Selain terhadap tenaga kersehatan, pemerintah menargetkan vaksinasi terhadap 14,7 juta petugas publik dan 21,5 juta masyarakat lanjut usia. Vaksinasi gelombang kedua akan dilakukan pada April hingga Maret 2022 dengan sasaran 63,9 juta masyarakat rentan dan 77,4 juta masyarakat lainnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini