IMF Naikkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Jadi 5,5%

IMF Naikkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Jadi 5,5% Kredit Foto: Antara/Dhemas Reviyanto

Dana Moneter Internasional (IMF) menaikkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global tahun ini dari 5,2% menjadi 5,5%. Untuk tahun depan, lembaga ini justru menurunkan proyeksi menjadi 4,2%.

Faktor yang menjadi bahan pertimbangan IMF untuk menaikkan estimasi global antara lain semakin kuatnya harapan yang berasal dari penguatan aktivitas yang didukung oleh vaksin di akhir tahun dan dukungan kebijakan tambahan di beberapa negara besar.

Baca Juga: Akur, AS dan China Pimpin Pemulihan Ekonomi Global Tahun ini

“Proyeksi 2021 direvisi naik 0,3 poin persentase dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya. Hal ini mencerminkan dukungan kebijakan tambahan di beberapa negara besar dan ekspektasi penguatan aktivitas bertenaga vaksin di akhir tahun yang lebih besar daripada hambatan momentum jangka pendek karena meningkatnya infeksi,” kata laporan IMF seperti dikutip Warta Ekonomi pada Kamis, (28/1/2021).

Peningkatan ini kata IMF terutama untuk kelompok ekonomi maju misalnya Amerika Serikat dan Jepang. Dimana mencerminkan dukungan fiskal tambahan serta ekspektasi ketersediaan vaksin yang meluas lebih awal dibandingkan dengan pasar negara berkembang dan kelompok ekonomi berkembang. 

Sementara itu konsisten dengan pemulihan aktivitas global, volume perdagangan global diperkirakan tumbuh sekitar 8% pada tahun 2021 sebelum moderat menjadi 6% pada tahun 2022.

"Namun, perdagangan jasa diperkirakan pulih lebih lambat daripada volume barang dagangan, yang sejalan dengan lemahnya lintas batas pariwisata dan perjalanan bisnis sampai transmisi menurun di mana-mana," ucap IMF. 

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini